Rahasia Agar Nasi Goreng Seenak Masakan Restoran
Sumber: Resepmasakanpedia.com

Entertainment / 19 November 2015

Kalangan Sendiri

Rahasia Agar Nasi Goreng Seenak Masakan Restoran

Lori Official Writer
10658

Nasi goreng adalah salah satu menu andalan yang kesukaan banyak masyarakat Indonesia. Selain mudah, menu nasi goreng cocok untuk sarapan atau bekal anak atau pekerja.

Meskipun masakan ini tergolong praktis, namun dibutuhkan beberapa resep rahasia untuk mendapatkan rasa nasi goreng yang gurih dan sedap seenak restoran. Ada beberapa trik sederhana yang perlu diketahui seperti:

Nasi harus kering dan dingin

Salah satu aturan penting dalam menghidangkan nasi goreng adalah pemilihan nasi. Jangan gunakan nasi yang baru saja matang atau bertekstur lembek. Pakailah nasi yang sudah didinginkan dan kering. Anda bisa memasukkan nasi matang sejenak di kulkas atau membiarkan nasi dingin. Hal ini untuk menghindari nasi goreng yang lembek dan lengket.

Pakai wajan lebar

Gunakan wajan yang lebar agar bumbu dan nasi menyatu dan terserap sempurna. Saat hendak memasak nasi goreng, pastikan wajan yang digunakan sudah panas. Hal ini menghindari nasi goreng lengket di atas wajan dan berpengaruh pula pada rasa nasi goreng.

Gunakan api besar

Salah satu yang membuat nasi goreng buatan restoran menjadi terasa gurih dan nikmat adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan sari suhu panas api yang digunakan. Jadi, saat mengaduk-aduk nasi goreng pakailah api yang besar.

Bumbu dan saus jangan terlalu matang

Hal lain yang mempengaruhi rasa nasi goreng adalah proses penggorengan bumbu. Sebelum memasukkan nasi putih, gorenglah bumbu hanya setengah matang saja. Setelah itu masukkan nasi lalu aduk-aduk. Sesaat sebelum diangkat tuangkan saus dan aduk rata. Untuk hal ini, perlu diingat agar tidak memasukkan saus bersamaan dengan bumbu karena hal itu hanya akan mmebuat rasa nasi goreng tidak enak.

Jangan masak nasi goreng terlalu banyak

Mungkin anda berpikir memasak nasi goreng dalam jumlah yang besar sekaligus. Namun hal itu ternyata hanya akan membuat rasa nasi goreng menjadi hambar. Meskipun Anda telah membuat bumbu yang sesuai dengan jumlah, tetap saja akan mempengaruhi rasa nasi goreng. Idealnya, masaklah nasi goreng untuk porsi kecil saja, misalnya hanya untuk 2-3 porsi sekali masak.

Untuk memastikan rasa nasi goreng, cicipi terlebih dahulu agar Anda bisa memastikan penambahan bumbu jika kurang. Selamat mencoba di dapur cantik Anda!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami