Belajar dari 5 Film Tentang Motivasi Bisnis
Sumber: Salesforcefoundation.org

Entrepreneurship / 4 November 2015

Kalangan Sendiri

Belajar dari 5 Film Tentang Motivasi Bisnis

Theresia Karo Karo Official Writer
8584

Selain baca buku dan mengikuti seminar, motivasi berbisnis juga bisa ditemukan dari beberapa film. Agar semakin menyemangati Anda dalam bekerja atau merintis usaha, berikut lima film yang recommended untuk ditonton.

The Pursuit of Happiness

Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith, bercerita tentang perjuangan dalam menghadapi kegagalan. Sebelum sukses sebagai seorang pialang saham, Gardner bergelut dengan berbagai masalah ekonomi. Hal ini bahkan menyebabkan dirinya ditinggal istri dan harus membesarkan anaknya seorang diri. Tidak berhenti di situ, Chris dan anaknya bahkan sempat tidur di toilet stasiun. Meskipun begitu, dirinya tetap berusaha keras dan tidak menyerah. 

The Billionaire

Film ini terinspirasi dari kisah penemu camilan rumput laut bernama “Tao Kei Noi”. Dia adalah Top Aitthipat Kulapongvanich atau dikenal dengan nama Top Ittipat. The Billionaire ini mengisahkan tentang Top yang mendulang uang karena terpaksa berhenti melakukan hobinya, yakni bermain video game. Karena hal tersebut dianggap illegal oleh pemerintah. 

Akhirnya Top mengalihkan waktunya dengan memulai usaha rumput laut dan membantu kedua orang tuanya. Ternyata hal ini berdampak baik dalam kehidupannya. Top berhasil menjalankan usahanya dibantu dengan 2000 karyawan dan berpenghasilan hingga 2,4 triliun rupiah setiap tahun.

3 Idiots

Film asal India ini berkisah tentang tiga sahabat, Rancho, Farhan, dan Raju. Rancho adalah mahasiswa cerdas, sementara itu Farhan dan Raju tergolong prestasi rata-rata. Dalam kehidupan kampusnya, Rancho mengkritik sistem universitas yang hanya fokus pada nilai dan kepintaran berbicara tanpa menghasilkan hal atau penemuan baru. 

Tidak sendiri, Rancho dibantu Farhan dan Raju juga menyampaikan aspirasinya pada pihak kampus. Bukannya digubris, ketiganya malah dipersulit untuk lulus dan dianggap idiot oleh para dosen. Bila ingin tahu kelanjutannya, langsung saja tonton film ini. 

Forrest Gump

Berkisah tentang sorang anak yang mengalami kesulitan bicara dan adaptasi. Akibatnya, anak yang bernama Forrest Gump ini sering dicemooh oleh teman-temannya. Meskipun begitu, dia tidak mendendam. Gump tetap rendah hati dan patuh pada orang tuanya. Dalam perjalanan merintis usaha, kekurangannya tidak menghentikan Gump berusaha untuk mencapai kesuksesan. 

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Sebagian dari kita tentu pernah mendengar nama dari salah satu motivator ternama di Indonesia ini. Kisah perjuangannya juga tidak kalah menarik. Akibat kondisi Tanah Air yang labil, Merry terpaksa mengungsi ke Singapura. Saat itu dengan uang seadanya, dia harus berjuang mencari tempat tinggal dan bertahan sendiri tanpa keluarganya. 

Hidupnya berubah 180 derajat, apalagi untuk memikirkan kuliah dan sukses terasa begitu jauh dari genggamannya. Akan tetapi kisahnya mulai berubah saat Merry memilih untuk tidak menyerah dan berjuang sekuat tenaga demi bisa kuliah. Hasilnya, semua pasti bisa menebak.

Lima film di atas hampir serupa dengan kejadian di kisah nyata. Bahwa untuk mencapai kesuksesan bukan seperti menggigit cabe, seketika langsung terasa pedasnya. Semuanya butuh proses dan usaha yang lebih untuk mewujudkan impian. Pertanyaannya, apakah kita bersedia memberikan usaha lebih dari biasanya?

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Maxmanroe/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami