4 Tips Perkuat Koneksi WiFi
Sumber: www.clipartbest.com

Entertainment / 7 October 2015

Kalangan Sendiri

4 Tips Perkuat Koneksi WiFi

Lori Official Writer
22484

Saat ini hampir setiap tempat singgah memasang koneksi internet gratis melalui jaringan gelombang radio WiFi. Namun tak sedikit pula diantaranya tidak berfungsi dengan baik karena tidak memiliki koneksi yang cukup luas dan kuat. Hal ini bisa terjadi karena sinyal WiFi terganggu dan hanya mencakup jarak yang sangat kecil.  

Untuk itu penting mengetahui posisi dan konfigurasi router (perangkat penghubung jaringan, red). Anda bisa melakukan empat tips untuk meningkatkan sinyal WiFi pada perangkat router berikut:

1. Arahkan Antena Router ke Atas

Router adalah perangkat seperti radio yang dilengkapi dengan antena fisik yang bisa diputar-putar sesuai dengan arah sinyal. Untuk mendapatkan sinyal yang maksimal, arahkan antena router dalam posisi vertikal atau tegak ke atas. Jika router memiliki dua antena, pastikan keduanya di arahkan ke posisi yang sama.

2. Letakkan Router di Ruang yang Mendapat Sinyal yang Baik

Letakkanlah router di tempat yang mendapat sinyal yang baik.  Anda bisa terlebih dahulu mencari tempat dengan sinyal yang baik di sekitar ruangan dan meletakkannya di posisi ruangan yang mendapat sinyal yang cukup kuat. Untuk hasil yang lebih maksimal, letakkan router di tempat tingi, seperti rak yang dipasang tinggi khusus untuk router.

3. Hindarikan Router Dari Benda Padat

Rak logam, dinding tembok, lemari adalah benda-benda yang bisa memblokir sinyal router sehingga tidak memancarkan koneksi ke segala arah. Selain itu, benda-benda seperti microwave oven, telepon nirkabel 2.4 GHz dan monitor bayi 2.4 GHz akan berpotensi menganggu koneksi WiFi dengan gelombang 2.4 GHz.

Pindahkanlah benda-benda tersebut dari arah garis lurus router untuk menghindari koneksi WiFi yang terputus tiba-tiba.

4. Hindarkan Router dari Gangguan Koneksi WiFi  yang Lain

Banyaknya koneksi WiFi yang terpasang di sekitar akan menghambat kerja router. Akan lebih baik untuk menjauhkan router dari akses WiFi yang lain. Atau cegah hal ini dengan cara mengakses pilihan pada halaman pengaturan router secraa manual. Lalu ganti channel baru WiFi dan pilih channel dengan gangguan yang minimum. Untuk lebih mudah memilih pengaturan yang terbaik, gunakanlah WiFi Analyzer untuk ponsel dan tablet Android, yang akan memantau jaringan WiFi di sekitar router.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun koneksi WiFi tetap saja buruk, lakukan uji kecepatan dengan menggunakan koneksi WiFi ataupun koneksi kabel. Jika hasilnya tetap saja sama, berarti masalah ada pada layanan internetnya atau bahkan mungkin router Anda sedang bermasalah. Berkonsultasilah kepada penyedia layanan internet atau pihak penyedia router.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami