Paus Fransiskus Dukung Penggunaan Chip?
Sumber: www.washtimes.com

Internasional / 29 September 2015

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Dukung Penggunaan Chip?

Lori Official Writer
48275

Sebuah berita mengejutkan yang dikutip dari Washingtonweeklynews.com, Minggu (27/9), memberitakan bahwa Paus Fransiskus melontarkan sebuah pernyataan tentang dukungan terhadap penggunaan radio frekuensi identification (RFID) chip. Media ini menuliskan bahwa dukungan itu menimbulkan keresahan bagi banyak pemuka gereja, kalangan fundamentalis dan umat Katolik  karena RFID Chip yang dianggap sebagai simbol satanis, seperti tertulis dalam Kitab Suci, dikhawatirkan menjadi salah satu tanda akhir zaman. 

Media ini mengutip bahwa pernyataan itu terdapat dalam salah satu khotbah mingguan paus pada Mei 2014 silam. Ia disebut-sebut pernah menyinggung tentang sudut pandangnya terkait kehadiran teknologi dalam bentuk RFID yaitu teknologi yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh dengan memasang sebuah kartu atau microchip ke dalam bagian tubuh untuk mengidentifikasi gelombang radio.

Menurut paus, tidak ada yang salah dengan kehadiran teknologi tersebut. Sebab orang-orang perlu berpikiran terbuka di era saat ini, dimana teknologi pintar tercipta setiap hari.

“Kami sudah memeriksa keseluruhan kitab suci, dan saya menyimpulkan bahwa tidak ada tanda yang menunjukkan bahwa RFID Chip adalah simbol satanis. Jika ada, perangkat ini menjadi sebuah berkat dari Tuhan sendiri, yang diberikan kepada umat manusia untuk memerangi banyak penyakit di belahan dunia,” demikian ucapan Paus Fransiskus dalam khotbahnya, seperti diklaim oleh Washingtonweeklynews.com, Minggu (27/9).

Kontroversi ini memang telah muncul pada tahun 2014 silam, dimana Paus disebut-sebut mendukung penggunaan chip. Sayangnya, berita itu dibantah oleh media pemberitaan Ibtimes.com, dan menyatakan bahwa berita tersebut hanya bertujuan untuk mengundang kontroversi semata. Ibtimes bahkan menegaskan, paus hanya sekedar menekankan bahwa penggunaan RFID Chip saat ini tidak datang dari masa lalu, tetapi baru saja muncul di masa kini, dimana chip mulai marak diterapkan sebagai lisensi untuk jaminan sosial sampai penggunaan ponsel dan media sosial.

Namun belum ada tanggapan resmi dari pihak Vatikan terkait pemberitaan ini. Sehingga masih belum diketahui pasti kebenarannya.

Tak dimungkiri bila isu penggunaan chip ini akan meresahkan kalangan gereja di dunia. Sebab banyak gereja yang mengaitkan hal tersebut dengan nubuatan tentang tanda-tanda akhir zaman. Demikian pula dengan media yang mengaitkan hal tersebut dengan salah satu sosok yang berpengaruh di gereja tertentu, yang hanya bertujuan untuk menimbulkan kontroversi. Sehingga sangat dianjurkan untuk tidak mudah percaya terkait isu kontroversial yang saat ini marak diberitakan. 

Sumber : Washingtonweeklynews.com/Ibtimes.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami