5 Cara Menolong Anda Pulih Dari Kekeringan Rohani
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 26 May 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Menolong Anda Pulih Dari Kekeringan Rohani

Lori Official Writer
21446
Dalam Yohanes 10: 10, Yesus menyampaikan bahwa Dia telah datang untuk membawa kepenuhan hidup. Itu adalah janji yang paling dibutuhkan oleh setiap orang dalam berbagai aspek hidupnya. Namun sebagian orang Kristen bosan dengan janji-janji itu karena sudah terlalu sering didengar sehingga iman rasanya seolah hambar dan tak punya gairah lagi menanti janji tersebut.    

Saat kekeringan melanda, banyak orang akan mulai apatis terhadap hubungannya dengan Tuhan dan kerap abai dengan suara Tuhan. Jika Anda sedang berjuang dalam posisi itu saat ini, 5 cara ini mungkin bisa membantu Anda untuk kembali merasakan kesegaran baru dalam iman.

#1 Jangan tolak kehadiran Tuhan

Masa kekeringan rohani adalah masa di mana seseorang tidak peka terhadap kehadiran Tuhan. Kekeringan ini bisa timbul karena kesombongan dan kenyamanan pribadi, sehingga membuat kita menjadi pribadi yang menganggap Tuhan tak lagi diperlukan. Akibatnya, hati kita semakin menjauh dan tidak lagi membangun keintiman dengan-Nya.

 

Baca Juga: Dalam Kekeringan Rohani, Ketahuilah Bahwa Roh Allah Berdiam Dalammu. Bangkitlah!

 

Jika hal itu dibiarkan, maka lambat laun kebosanan akan terus berlanjut dan semakin membuat Tuhan terasa jauh, sehingga hidup kita akan terasa kosong dan hambar. Untuk itu mintalah Tuhan untuk tinggal di dalam hati dan mengisi kembali kekosongan itu.

 

#2 Tetaplah berdoa

Ketika tanda-tanda kebosanan ini mulai muncul, hal pertama yang perlu dilakukan adalah terus mengisinya dengan doa. Masa-masa itu mungkin adalah masa tersulit bagi kita untuk berdoa secara khusyuk karena kita merasa doa bahkan sesuatu yang tak lagi penting. Namun justru ditengah kondisi itulah kita harus meminta Tuhan untuk melawat kita dan meminta hati yang mau memuji dan menyembah-Nya. Satu-satunya harapan untuk menyegarkan kembali rasa lelah dan dahaga kita adalah meningkatkan komunikasi dengan Tuhan. Jangan pernah mengurangi aktivitas rohani Anda sekalipun sedang merasakan kejenuhan. Misalnya, jika sebelum mengalami musim kekeringan rohani kita masih melakukan ritual penyembahan dan pujian kepada Tuhan setiap harinya, maka lakukan hal serupa dimasa-masa sekalipun hati kita tidak ingin melakukannya. Tunggu sampai Roh Kudus bekerja dan mengembalikan segala kerinduan-kerinduan kita sebelumnya.

 

#3 Periksa kondisi fisik

Rasa bosan akan kegiatan berbau kerohanian ternyata bisa juga disebabkan oleh kondisi fisik. Doa yang tidak lagi antusias di pagi hari bisa jadi disebabkan oleh waktu tidur yang kurang. Sehingga menyebabkan kondisi fisik dan mental menjadi terganggu. Tidak merawat diri secara fisik berdampak serius pada penurunan kehidupan kerohanian.

Anak-anak Tuhan juga diminta untuk menjaga gaya hidup yang sehat, seperti menghindari makanan instan dan berolahraga. Jangan pernah membiarkan kedagingan menurunkan kualitas hubungan kita dengan Tuhan!

 

Baca Juga: Waspada Kekeringan! Peneliti Klimatologi Peringatkan El Nino Mulai Terjadi di Indonesia

 

#4 Berbagi dengan pembimbing rohani atau rekan seiman

Saat musim kekeringan melanda hidup, pastikan untuk membagikannya kepada orang lain, misalnya pembimbing rohani atau rekan seiman yang kita percayai. Ceritakan alasan mengapa kondisi itu bisa terjadi dan mintalah mereka untuk berdoa. Jadwalkan pertemuan secara teratur untuk bisa melihat sejauh apa perubahan yang kita alami.  

 

#5 Ikut dalam komsel

Pertumbuhan iman akan menjadi lebih baik ketika seseorang masuk dalam sebuah komunitas rohani atau komsel. Sebab pertumbuhan iman bisa terjadi ketika ada dukungan dan dorongan dari antara anggota komsel. Baik untuk terus mengingatkan tentang kasih Tuhan yang selalu baru dan setiap pribadi bisa saling mendukung dalam doa.

Dalam Alkitab, Yesus pernah mengatakan bahwa Dia adalah Tuhan sumber air hidup yang menyegarkan. Ia mengundang setiap orang yang letih lesu dan berbeban berat untuk datang dan mengalami kesembuhan (Matius 11: 28). Bila Anda tengah mengalami kekeringan rohani saat ini, mintalah agar Tuhan menyegarkan dan membaharui kembali rasa cinta kepada-Nya.

 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami