Do You Believe: Iman Tanpa Perbuatan Adalah Mati
Sumber: Doyoubelieve.com

Film Review / 3 September 2015

Kalangan Sendiri

Do You Believe: Iman Tanpa Perbuatan Adalah Mati

Theresia Karo Karo Official Writer
15946

Setelah sukses dengan film berjudul ‘God’s Not Dead’ kali ini Pure Flix Entertainment kembali berkarya dalam ‘Do You Believe?’. Berkisah tentang dua belas orang dengan dua belas jiwa dan cerita yang berbeda, produser Jonathan M. Gunn menggiring penonton pada satu hal yang menjadi inti kehidupan manusia.

Melalui kerinduan, keinginan, dan panggilan untuk menjadi lebih dari pada sekedar pandangan dunia atas diri mereka, ‘Do You Believe?’ akan mengajak kita melihat lebih dalam tentang cara kerja Allah yang begitu menakjubkan dalam kehidupan setiap orang.

Berawal dari pesan di Yakobus 2:17, ‘Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.’ Seorang pendeta tergoncang hatinya setelah bercakap-cakap dengan seorang penginjil jalanan (Delroy Lindo)  mengenai imannya, yang menyebabkan rangkaian peristiwa dengan melibatkan 12 orang berbeda, yang akhirnya berakhir pada satu peristiwa tak terlupakan yang merubah hidup mereka.

Seorang pekerja medis (Liam Matthews) dan pasangannya seorang perawat (Valerie Dominguez) yang terancam menghadapi tuntutan hukum karena membagikan imannya kepada seorang pria yang tengah sekarat. Ada juga dua orang tua (Cybill Shepherd dan Lee Majors) yang menjalani sisa hidupnya dengan berduka atas kepergian putri semata wayang mereka. Seorang pria (Shwayze) yang tiba-tiba harus menyembunyikan diri dalam suatu kebaktian gereja untuk meloloskan diri dari kejaran polisi.

Kemudian gadis muda (Madison Pettis) yang hamil di luar nikah dan kabur dari rumah. Veteran (Joseph Julian Soria) yang frustasi dengan traumanya selepas bertugas di medan perang. Anak perempuan sebatang kara (Alexa PenaVega) yang di tinggalkan keluarganya. Seorang janda (Mira Sorvino) dan anak perempuannya (Makenzie Moss) yang adalah tuna wisma. Hingga seorang pendeta (Ted McGinley) dan istrinya (Tracy Melchior) yang tidak bisa punya anak.

Masing-masing dari mereka diarahkan pada pertanyaan, “Do you believe?” Tiga kata sederhana ini yang kemudian ‘menyerang’ iman mereka sebagai pengikut Kristus. Kedua belas orang ini memperlihatkan penonton bagaimana kehidupan kekristenan bukan sekedar memiliki hubungan yang intim dengan Allah. Lebih dari itu, Allah sendiri sangat ingin umatNya untuk berbagi sukacita dan menceritakan Dia. Berbekal sebuah salib kecil dari gereja, masing-masing dari mereka diarahkan untuk ‘bertualang’ dalam perjalanan membagikan iman mereka.

Setiap kisah dalam film ‘Do You Believe?’ diceritakan secara lengkap dan mendasar. Alur maju-mundur tetap membuat penonton tetap berada di ‘track’. Anda dapat melihat seluruh rangkaian kisah kehidupan yang terekam kamera ini dan menemukannya di kehidupan nyata. Kedua belas kisah ini lekat dengan kehidupan di sekitar kita.

Film ini akan mendorong kita untuk bertanya, ‘Apakah cukup hanya sekedar percaya?’ Ingatlah bahwa iman bukan sekedar percaya bahwa kita pasti akan mendapatkan yang diinginkan. Tuhan mengkehendaki setiap kita untuk membuktikan iman kita. Oleh sebab itu jangan hanya berpendapat bahwa iman hanya sekedar percaya, sebab Allah butuh tindakan nyata kita, karena iman tanpa perbuatan hakikatnya adalah mati.

Do You Believe? (2015)

Director : Jonathan M. Gunn
Producer : Harold Cronk, Michael Scott, David A.R. White, Russell Wolfe
Writter : Chuck Konzelman, Cary Solomon
Pemain : Mira Sorvino, Sean Astin, Alexa PenaVega, Ted McGinley, Andrea Logan White, Cybill Shepherd, Lee Majors, Madison Pettis, Brian Bosworth
Produksi : 10 West Studios, Believe Entertainment, Pure Flix Entertainment
Tanggal rilis : 20 Maret 2015
Durasi : 115 menit

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami