Patung Bersejarah Yesus Tetap Diizinkan Berdiri di Gunung Montana
Sumber: old.aclj.org

Internasional / 1 September 2015

Kalangan Sendiri

Patung Bersejarah Yesus Tetap Diizinkan Berdiri di Gunung Montana

Lori Official Writer
5579

Pengadilan distrik memutuskan patung peringatan Yesus setinggi 6 kaki berusia 60 tahun yang berdiri menghadap ke bagian barat laut Gunung Montana tetap ada. Keputusan ini diambil menyusul gugatan yang dilayangkan oleh The Freedom From Religion Foundation (FFRF), sebuah lembaga milik kelompok ateis, sejak tahun 2010.

FFRF menilai patung yang sarat dengan agama itu melanggar amandemen. Mereka lalu mengajukan tuntutan kepada Dinas Kehutanan Nasional untuk merubuhkan patung tersebut. Desakan itu sempat membuat pihak pengelola Flathead National Forest untuk meniadakan patung tersebut setelah masa izin selama 10 tahun sudah berakhir pada tahun 2011 lalu. Akan tetapi, rencana itu batal setelah mendapat dukungan mempertahankan patung dari ribuan orang.

Hingga saat ini, gugatan serupa dilayangkan kembali oleh FFRF. Mereka kembali berargumen bahwa lokasi patung Yesus hanya menjadi lokasi yang digunakan untuk kegiatan yang sembrono selama bertahun-tahun. Mulai dari bermain ski, lokasi pernikahan dan patung kerap dihiasi dengan topi ski, kacamata dan dekorasi sekuler lainnya.

Hakim menolak argumen tersebut dan menyampaikan pandangan berbeda. Keberadaan patung Yesus itu dinilai akan lebih baik dibanding menempatkan patung sekuler dan tidak sopan. Sekalipun patung Yesus adalah simbol dari sebuah agama, monumen itu tetap saja tidak dapat dipisahkan dari sejarah peringatan akan veteran Amerika saat Perang Dunia II.

Seperti diketahui, monumen ini sudah lama digunakan sebagai objek wisata sejak dibangun oleh anggota Knights of Columbus pada tahun 1955. Hal itu juga dianggap penting karena telah diakui sebagai warisan sejarah yang masuk dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah. Keputusan pengadilan ini kembali memberi angin sejuk bagi para pendukungnya untuk tetap mempertahankan keberadaan patung Yesus di Flathead National Forest dekat Kalispell, Montana.

Sumber : Christianpost.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami