3 Hal Buruk yang Membuat Gaji Cepat Habis

Career / 31 August 2015

Kalangan Sendiri

3 Hal Buruk yang Membuat Gaji Cepat Habis

daniel.tanamal Official Writer
4328

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Sahabat, gaji bulanan cepat habis padahal baru saja diterima adalah salah satu masalah yang sering dihadapi para karyawan. Menurut seorang perencana keuangan, Prita Hapsari Ghozie, dalam bukunya yang berjudul Make It Happen! fenomena gaji bulanan yang habis ditengah jalan sering dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Berikut adalah penjelasan Prita mengenai akar permasalahan sehingga gaji menjadi cepat habis padahal waktu untuk gajian masih sangat lama.

Tidak Mampu Membedakan Tabungan, Simpanan dan Investasi

Saat ini banyak orang yang tidak mampu membedakan tabungan, simpanan dan investasi. Sebagian besar karyawan menerima gaji melalui rekening tabungan. Seharusnya, dalam tabungan mutasi kredit lebih banyak dan hanya didebit sesekali saja untuk membayar kebutuhan yang sudah direncanakan. Namun kenyataannya, seringkali mutasi debit lebih banyak jika dibandingkan dengan mutasi kredit.

Hobi Berhutang

Orang yang masuk dalam golongan ini sangat suka membeli barang dengan kartu kredit. Bahkan, tidak sedikit juga yang menambah limit kartu kreditnya sebagai tambahan penghasilan bulanannya.

Gaya Hidup Tinggi

Menjalani gaya hidup tinggi yang sudah menjadi penyakit di tengah masyarakat perkotaan saat ini sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mengatasi masalah ini, Prita menyarankan untuk membagi pengaturan uang ke dalam tiga rekening. Rekening pertama untuk kehidupan sehari-hari, rekening kedua untuk tabungan, dan rekening ketiga untuk kebutuhan hiburan, seperti liburan dan jalan-jalan.



Sumber : duniaprofessional.com
Halaman :
1

Ikuti Kami