4 Jenis Perasaan Cinta Berdasarkan Hormon
Sumber: Google

Single / 1 November 2015

Kalangan Sendiri

4 Jenis Perasaan Cinta Berdasarkan Hormon

Theresia Karo Karo Official Writer
13673

Saat seseorang jatuh cinta, tenyata ada bagian tubuh yang turut bereaksi dengan perasaan ini. Tidak berhenti di situ, perasaan cinta bahkan bisa dibedakan berdasarkan hormon. Dalam hipotesis seorang antropologis bernama Profesor Helen Fisher, perasaan cinta dapat dibagi dalam empat jenis.

Dirinya mengklaim bahwa saat seseorang tengah kasmaran, dalam tubuh manusia akan aktif beberapa hormon. Mereka adalah dopamin, serotonin, estrogen dan testosteron. Simak lebih jauh tentang empat jenis cinta berdasarkan hormon tersebut:

Tipe dopamin
Menurut Fisher, orang dengan dopamine cenderung memiliki hasrat dan katahanan cinta yang rendah. Mereka yang dominan dengan hormon ini hanya bersemangat menunjukkan cintanya saat masa penjajakan, setelah itu dengan cepat perasaannya akan memudar.

Tipe serotonin
Mereka dominan dengan hormon serotonin adalah kebalikan dari tipe dopamine. Dalam menjalin hubungan cinta, individu dengan tipe ini diklaim lebih bertahan lama, hubungan yang ‘dalam’, dan tangguh. Dari penelitianya, Fisher menemukan bahwa tipe serotonin cenderung menggunakan rasa sakit dalam membangun hubungannya.

Tipe estrogen
Terkenal lembut, namun juga cenderung rentan. Tipe pecinta yang satu ini dikenal dengan sosok emosional dan sentimental yang cukup tinggi. Sehingga Anda akan menemukan berbagai macam ‘babak’ yang mungkin terjadi saat menjalin hubungan dengan mereka.

Tipe testosteron

Tipe terakhir ini terkenal dengan sifat mereka yang egois dan terkadang semena-mena. Namun, dibalik itu mereka sangat fokus dalam membangun rumah tangga. Hanya saja, pecinta jenis ini cenderung membangun hubungan hanya berseumber dari cara pandang mereka, tanpa melibatkan pasangannya.

Apakah dari Anda ada yang pernah mengalami atau merasakan empat jenis cinta ini? Meskipun tidak serta merta menjadi patokan Anda dalam mencari pasangan, namun fakta menarik ini bisa menambah referensi untuk mempelajari hubungan tentunya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami