4 Makanan Sehat yang Ternyata Merusak Gigi
Sumber: Wonderwardrobes.com

Health / 28 August 2015

Kalangan Sendiri

4 Makanan Sehat yang Ternyata Merusak Gigi

Theresia Karo Karo Official Writer
4534

Beberapa jenis makanan terkenal dengan manfaatnya untuk menyehatkan tubuh. Sebut saja lemon, almond, acar, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan sehat ini ternyata tidak berdampak sama terhadap gigi?

Menurut Jennifer Jablow, D.D.S., dokter gigi kosmetik di New York, makanan yang dianggap sehat bagi tubuh ini ternyata berpotensi merusak kondisi gigi. Selengkapnya, berikut empat jenis makanan yang dianggap menyakiti gigi:

Buah-buahan asam

“Jika asam dari buah bersentuhan secara langsung dengan gigi secara konstan, misalnya Anda makan beberapa buah jeruk dalam sehari, minum air lemon setiap hari, ini dapat mengikis enamel gigi,” ujar Jablow.

Walaupun vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk atau lemon baik untuk menjaga kolagen gusi, namun senyawa ini juga bisa mengikis enamel gigi. Dan masalahnya adalah, enamel ini tidak dapat tumbuh kembali. Selain itu, studi di British Journal of Nutrition pada tahun 2011, menemukan bahwa jus jeruk memiliki kemampuan erosif yang sama seperti minuman bersoda, Coca Cola.

Anda bisa tetap aman mengonsumsi lemon atau jus jeruk, asalkan tidak lupa untuk meminum segelas penuh air. Baru setelah 20 menit, Anda bisa menyikat gigi.

Kacang almond

Selain kaya akan vitamin E, almond juga menyimpan banyak lemak sehat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Meskipun begitu, teksturnya ternyata cukup keras bagi gigi. “Butuh gigitan kuat untuk memotongnya, dan sebagai hasilnya bukan tidak mungkin akan membuat gigi Anda patah,” papar Jablow.

Masalah ini bisa diperbaiki dengan mengonsumsi almond dalam bentuk irisan. Sehingga gigi tetap aman dan Anda bisa menikmati manfaat sehat kacang almond.

Acar
“Acar memiliki kandungan asam yang sangat tinggi karena cuka,” kata Jablow. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya mineral pada gigi, mengancam keputihan gigi, serta menyebabkan gigi berlubang akibat gula yang terkandung di dalamnya.

Solusinya adalah dengan memakan sedikit keju. Sebab menurut Jablow, keju kaya kalsium dan dapat membantu menetralisir banyak asam dari acar. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi permen karet bebas gula yang mengandung xylitol. Karena selain bisa menetralisir asam, permen karet juga bisa meningkatkan produksi air liur untuk membilas mulut.

Selai kacang

Selembar roti dan satu sendok selai kacang mungkin menjadi andalan Anda untuk sarapan pagi. Selain enak, camilan yang kaya protein ini ternyata berdampak buruk bagi gigi. Teksturnya yang lengket menyebabkan makanan ini mampu menempel dalam waktu lama di gigi dan berisiko menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba makan makanan alami lain tanpa tambahan gula setelah mengkonsumsi selai kacang. Sehingga dapat sekaligus membersihkan selai kacang yang menempel di gigi.

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami