Rupiah Melemah, Siasati Gaji Bulanan Dengan Cara Ini
Sumber: www.lensaindonesia.com

Career / 26 August 2015

Kalangan Sendiri

Rupiah Melemah, Siasati Gaji Bulanan Dengan Cara Ini

Lori Official Writer
5664

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus saja melemah. Sepekan belakangan ini, masyarakat Indonesia semakin resah dengan nilai tukar rupiah yang sudah mendekati angka Rp14.000. Salah satu dampak yang begitu dikhawatirkan adalah naiknya harga-harga kebutuhan primer maupun sekunder.

Kondisi rupiah yang melemah juga secara langsung akan memengaruhi tingkat pengeluaran para pekerja. Jika kondisinya sudah begitu, hal yang bisa dilakukan oleh pekerja adalah menerapkan strategi hemat pengeluaran dengan cara berikut:

Memangkas pengeluaran yang kurang penting

Perencana Keuangan Fokus Finansial, Rina Dewi Lina mengatakan, sebetulnya melemahnya rupiah tidak terlalu berpengaruh secara drastis karena masyarakat Indonesia tidak menggunakan dolar dalam segala transaksinya. Meskipun dalam beberapa kebutuhan yang didatangkan dengan pembaaran dolar akan mengalami kenaikan yang cukup besar. Untuk itu ada baiknya mengelola gaji dengan lebih cerdas, misalnya memangkas biaya belanja yang kurang penting, seperti jalan-jalan ke mall dan beralih pada aktivitas yang bisa dilakukan di rumah.

Mengobservasi harga kebutuhan terlebih dahulu

Ketika hendak berbelanja, terlebih dahulu lakukan observasi tentang barang-barang yang mengalami kenaikan drastis. Perbandingkan harga dari beberapa pusat perbelanjaan, kemudian pilihlah barang dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik, misalnya buy one get one free atau diskon 50% pada pembelian kedua.

Makan di tempat terjangkau atau bawa bekal

Banyak para pekerja yang lebih memilih untuk makan di kantor daripada membawa bekal sendiri. Padahal jika dihitung-hitung, pengeluaran untuk makan siang saja setiap harinya bisa diperkirakan menghabiskan biaya rata-rata Rp20.000 atau Rp600.000/bulan. Lumayan bukan jika biaya pengeluaran makan siang lebih dihemat misalnya dengan mencari tempat makan dengan harga yang jauh lebih hemat. Atau jika Anda benar-benar berniat untuk menghemat, bawalah bekal makan siang dari rumah.

Sisihkan reward untuk diri sendiri

Berhemat bukan berarti pelit terhadap diri sendiri. Untuk itu tetaplah menyisihkan dana untuk kesenangan diri Anda sendiri. Jika Anda melakukannya dengan lebih boros di bulan-bulan sebelumnya, maka mulailah memangkas pengeluaran untuk kesenangan itu menjadi lebih hemat dan terkontrol. Misalnya, berikan reward untuk kerja keras Anda sendiri satu atau dua kali setiap bulannya dengan melakukan apa yang Anda sukai, seperti pergi ke salon atau mencicipi makanan mewah.

Meski kondisi ekonomi saat ini tampak buruk, bukan berarti Anda tidak mampu melewatinya dengan baik. Kunci permasalahan ada pada diri Anda sendiri, tetap menerapkan kebiasaan boros atau memilih hidup dengan pengelolaan gaji yang baik.

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami