Inilah Beda Tugas Perusahaan Induk Alphabet dan Google
Sumber: www.foxnews.com

Entertainment / 12 August 2015

Kalangan Sendiri

Inilah Beda Tugas Perusahaan Induk Alphabet dan Google

Lori Official Writer
5404

Google secara resmi telah mengumumkan tentang restrukturisasi dimana perusahaan pencarian raksasa ini membentuk sebuah perusahaan induk bernama Alphabet. Menyusul keputusan itu, Google telah menentukan struktur kepemimpinan baru untuk Alphabet dan Google, yang mana Larry Page akan menjabat sebagai Direktur Eksekutif Alphabet dan Sundar Pichai sebagai CEO Google.

Dalam pengumumannya, Larry Page menjelaskan perbedaan dari perusahaan induk Alphabet dan Google. Ia menyampaikan bahwa Alphabet akan  menangani berbagai bisnis internet yang sebelumnya ditangani Google seperti laboratorium eksperimental Google X, laboratorium riset medis Calico, internet berkecepatan tinggi Fiber dan perusahaan produksi perkakas rumah tangga Nest. Alphabet juga akan mengambil alih bisnis investasi Google Ventures dan Google Capital.  

Sementara Google saat ini telah diposisikan sebagai anak perusahaan Alphabet. Perusahaan ini hanya akan berfokus pada produk yang berkaitan dengan konsumen seperti mesin pencari, iklan digital Google Ads, Google Maps, Youtube, Android dan Chrome.

Seperti dilansir Mashable.com, restrukturisasi ini awalnya tercetus lantaran beragamnya unit bisnis yang dikembangkan Google sejak pertama kali berdiri pada 1998. Hal itu dinilai mempersulit Google untuk mengelola seluruh unit bisnis dalam satu payung. Sehingga dianggap penting untuk tetap memfokuskan Google pada pengembangan produk yang dimilikinya. Dan ditangan Sundar Pichai, Google dinilai bisa memajukan Google yang telah dipersempit itu.

“Saya merasa sangat beruntung memiliki Sundar untuk menjalankan bisnis Google yang kami persempit. Ini juga memberi kesempatan bagi saya dan Sergey untuk melanjutkan aspirasi-aspirasi kami dengan skala yang lebih besar (melalui Alphabet),” ucap Page.

Selain itu, pemisahan tersebut berguna memberikan para investor untuk mengetahui secara rinci strategi dan besar anggaran perusahaan Google untuk produksi barunya.

Untuk saham perusahaan, Alphabet akan menyerap semua saham Google yang akan dikonversi pada akhir tahun 2015 nanti. Sementara saham perusahaan ini akan tetap dipasarkan dengan kode yang sama seperti Google, yaitu GOOG dan GOOGL.

Sumber : Cnn Indonesia/Mashable/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami