Akun Sosial Media Dapat Pengaruhi Karir Anda
Sumber: Forbes.com

Career / 3 August 2015

Kalangan Sendiri

Akun Sosial Media Dapat Pengaruhi Karir Anda

daniel.tanamal Official Writer
3612

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari telepon genggam karena ingin selalu berkicau atau update status di sosial media? Jika iya maka sebaiknya Anda harus lebih waspada karena satu saja tweet atau postingan yang salah tidak hanya bisa membuat Anda kehilangan follower atau pertemanan, tapi juga bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan dan bekerja keras lagi mencari lowongan pekerjaan.

Menurut seorang penulis Social Networking for Career Success, Miriam Salpeter, social media saat ini tidak bisa lagi dianggap sepele dan karena itulah kita harus lebih berhati-hati saat ingin berkicau atau memposting sesuatu di akun social media miliki kita.

Lalu bagaimana agar akun sosial media tidak mengganggu karir di tempat kita bekerja? Hindarilah 5 kesalahan berikut ini.

Tidak Tahu (Lupa) Kebijakan Perusahaan Tempat Kita Bekerja

Menurut konsultan sumber daya manusia untuk Omega HR Solutions, Mike Hiberman, kebanyakan perusahaan saat ini sudah menambahkan peraturan mengenai social media dalam buku panduan karyawan.

Jadi sebaiknya sekarang mulaiah mencari dan membaca kembali semua dokumen yang diberi oleh perusahaan saat pertama kali bekerja. Salpeter mengingatkan bahwa perusahaan selalu punya cara untuk memberhentikan seseorang jika memang dianggap perlu.

Membuat Kontroversi dalam Akun Sosial Media

Berbagi di akun social media dengan memposting keyakinan atau pandangan politik di akun social media memang hal yang lumrah dilakukan. Tapi Salpeter mengingatkan bahwa postingan seperti itu bisa menjadi senjata makan tuan untuk Anda di kantor. Jika ada postingan yang tampak kontroversial dan ofensif menurut HRD, maka Anda bisa terkena teguran atau bahkan yang terburuk bisa terkena PHK.

Aktivitas Sosial Media yang Terlalu Negatif

Datang ke kantor dengan mengeluh dan mengomel sepanjang hari asalkan tidak terlalu kelihatan mungkin bisa saja Anda lakukan selama bekerja di kantor. Tapi jangan sekali-kali melakukannya di akun social media. Mereka yang bekerja di bagian HRD bisa melihat semua keluh kesah, kemarahan dan lain sebagainya yang bersifat negatif tersebut dan menurut Salpeter hal ni menunjukkan sikap dan temperamen Anda yang negatif.

Menerima Pertemanan dari Atasan Tanpa Pikir Panjang

Biasanya, jarang sekali pegawai yang mencari akun atasan mereka di social media karena akan menjadi hal yang rumit. Sebelum berada di situasi yang sulit tersebut sebaiknya ubah setting profil Anda di akun social media tersebut. Namun jika friend request sudah hadir, bersihkan dulu semua yang ada di akun profil Anda sebelum menerima friend request dari atasan Anda.

Menganggap Semua Situs Sosial Media Sama

Anda harus tahu bahwa tidak semua situs media itu harus mendapat perlakuan yang sama dan tidak semua akun social media yang Anda miliki harus berhubungan dengan pekerjaan yang Anda miliki saat ini.

Pilah-pilah dan jika Anda merasa sering sembrono saat memposting di social media pastikan akun Anda tersebut tidak terhubung dengan pekerjaan atau bisa dilihat oleh perusahaan, rekan kerja dan atasan.

Untuk kontak profesional, saat ini sudah ada social media LinkedIn yang bisa Anda gunakan. Sedangkan untuk bersosialisasi dengan teman atau kerabat gunakan social media lain seperti Twiiter atau Facebook. Ingat memiliki akun social media memang menyenangkan dan bisa meningkatkan motivasi kerja, tapi selalu waspada saat menggunakannya.



Sumber : duniaprofessional.com
Halaman :
1

Ikuti Kami