8 Agenda Wisata Seru Nusantara Sepanjang Bulan Agustus
Sumber: www.triptrus.com

Travel / 3 August 2015

Kalangan Sendiri

8 Agenda Wisata Seru Nusantara Sepanjang Bulan Agustus

Lori Official Writer
4096

Bulan Agustus menjadi satu diantara bulan istimewa bagi Indonesia karena bertepatan menjadi bulan kemerdekaan, dimana setiap tanggal 17 Agustus Indonesia menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) nya. Untuk menyambut hari spesial ini, bidang pariwisata biasanya akan menggelar beragam festival wisata dan acara budaya.

Seperti hal yang dilakukan lembaga pecinta wisata di Jawa Tengah yang baru saja menggelar Festival Budaya Dieng di kawasan dataran tinggi Dieng sejak 31 Juli 2015 sampai 2 Agustus 2015 kemarin. Ada pula Upacara Kasada di Bromo (Jawa Timur), dan Festival Danau Kerinci di Jambi. Selain itu aka nada serangkaian acara dan festival wisata yang akan akan mengisi sepanjang bulan Agustus ini, seperti:

1. Festival Buleleng, Bali

Festival Buleleng 2015 akan berlangsung pada 4-8 Agustus 2015. Festival ini akan digelar meriah di Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja. Acara ini akan diisi dengan pertunjukkan dari 21 grup sgong dari sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng.

2. Festival Teluk Humbolt, Papua

Bagi Anda yang mencintai tanah Papua, jangan lewatkan untuk menyaksikan panggung festival Teluk Humbolt pada 5-7 Agustus 2015 mendatang. Seperti yang sudah-sudah, festival ini akan menonjolkan penampilan tarian khas dari 14 kampung di Kota Jayapura.

3. Festival Lembah Baliem, Papua

Selain Festival Teluk Humbolt, Papua juga rencananya akan menggelar Festival Lembah Baliem pada 6-8 Agustus ini. Festival tahunan ini akan dipusatkan di Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Acara ini akan diisi dengan atraksi menarik dari semua ragam suku di Dataran Tinggi Wamena dan Lembah Baliem. Suku-suku akan melakukan atraksi perang dengan tujuan menjaga kelincahan dan kesiapan mereka mempertahankan desa.

4. Festival Rammang Rammang, Sulawesi Selatan

Festival Full Moon Rammang Rammang digelar di Kabupaten Maros pada 8-9 Agustus 2015. Acara ini digelar dengan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel. Festival ini akan diikuti ratusan komunitas fotografi.

5. Festival Bunga Tomohon, Sulawesi Utara

Tomohon International Flower Festival adalah salah satu acara tahunan yang digelar di Sulawesi Utara. Setelah empat kali digelar sebelumnya, acara ini rencananya akan diadakan kembali pada 8-12 Agustus 2015 mendatang. Tahun ini sebanyak 35 peserta akan turut serta baik dari dalam atau luar negeri. Ini menjadi parade bunga paling menarik di tanah air, mirip festival parade bunga Pasadena di Amerika Serikat.

6. Bulan Citra Budaya Lombok Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Acara ini akan dihelat pada 18 Agustus 2015 nanti dengan mengambil lokasi di Kompleks Islamic Center, sebuah kawasan yang akan menjadi ikon baru pariwisata di NTB. Bulan Citra Budaya Lombok Sumbawa ini akan melibatkan ribuan orang, termasuk pelaku industri wisata dan 10 negara lainnya.

7. Festival Serayu Banjarnegara, Jawa Tengah

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Provinsi Jawa Tengah menggelar sebuah festival yang mengangkat penampilan pentas seni yang dinamakan Festival Serayu Banjarnegara 2015 pada 26 Agustus 2015 mendatang. Tak hanya pentas seni, festival ini juga dimeriahkan dengan pagelaran Jambore Kelompok Sadar Wisata pada 26-29 Agustus 2015 dan Festival Desa Wisata se-Jateng pada 28-30 Agustus 2015.

8. Festival Budaya Dunia, Jawa Barat

Sebanyak 14 negara diperkirakan akan ikut serta dalam World Culture Festival atau Festival Budaya Dunia yang digelar pada perayaan hari jadi Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada 30 Agustus 2015 mendatang. Di puncak acara nanti, setiap negara akan menampilkan seni budayanya.

Keberagaman budaya dan kekayaan potensi alam Indonesia memampukan berbagai wilayah di nusantara dengan mandiri menggelar sebuah panggung dan pentas yang mampu mengundang daya tarik, tak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara untuk ikut menikmatinya. Tak hanya menjadi salah satu bentuk promosi wisata, tetapi Indonesia juga dengan berani menunjukkan keindahan yang dimilikinya kepada dunia. Bukankah kita terlebih bersyukurnya atas tanah air yang kaya ini?

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami