4 Tanda Anda Sedang Kesepian

Health / 31 July 2015

Kalangan Sendiri

4 Tanda Anda Sedang Kesepian

Theresia Karo Karo Official Writer
5388

Terkadang kita memilih untuk menyendiri dan menarik diri dari kehidupan sosial yang biasa dijalani. Mungkin sesekali hal ini mampu membantu kita untuk menenangkan diri. Namun bila terlalu lama dibiarkan, bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perasaan kesepian meningkatkan depresi, bahkan risiko kematian hingga 26 persen. Mungkin banyak dari kita yang tidak sadar kalau dirinya merasa kesepian. Untuk mengenali perasaan ini, kita bisa mendeteksinya dengan tanda-tanda berikut:

Menonton televisi sepanjang hari
Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang merasa kesepian biasanya menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi sepanjang hari. Cek diri kita, apakah kita lebih suka menghabiskan waktu dengan menonton ketimbang berkumpul bersama keluarga atau teman?

Kesulitan berada di situasi sosial

Profesor Megan L Knowles dalam beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang kesepian masih mungkin untuk memahami keterampilan sosial. Namun mereka biasanya merasa bingung dan tertekan ketika berperilaku di dunia nyata.

Merasa kesepian saat sendiri
Ketahuilah bahwa, saat seseorang butuh waktu untuk diri sendiri atau melakukan ‘me time’, jelas berbeda dengan perasaan kesepian. Tanda kalau seseorang merasa kesepian muncul saat seseorang merasa sulit tidur, diserang rasa cemas, depresi, atau tidak bisa lepas dari televisi dan media sosial.

Sangat aktif di media sosial

Hal ini dibuktikan studi oleh Universitas Michigan. Para ahli menemukan bahwa kita akan semakin aktif di media sosial saat merasa kesepian. Walaupun medsos bisa menghibur, namun kadang saat melihat kehidupan netizen lain kita justru merasa tidak bahagia.

Orang-orang yang kesepian, biasanya tetap merasa sepi meskipun mereka berada di tempat ramai. Hindari terlalu lama mengasingkan diri, setidaknya cobalah untuk berinteraksi tatap muka atau bertelepon dengan seseorang yang Anda kasihi.

Nietzsche seorang filsuf Jerman pernah berkata, “Kurangnya cinta terhadap diri sendiri menyebabkan kesepian sehingga menjadi penjara yg paling berat bagi manusia”. Dan kuncinya hanya bisa dibuka dari dalam, yakni diri kita sendiri. Oleh sebab itu setiap orang yang merasa kesepian harus berani mengambil keputusan. ‘Apakah saya mau membayar harga untuk mengubah situasi kehidupan saya ini?’

Ingatlah bahwa kasih sama seperti gema. Kita bisa mulai dari belajar mengasihi orang lain dan berhenti mengasihani diri sendiri. Yang tidak kalah penting, bahwa Tuhan selalu hadir dalam kesepian kita. Kasih-Nya tidak akan pernah meninggalkan kita.


Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami