Lebih dari Iklan, Ini 9 Kekuatan Sampel Produk Gratis (P1)
Sumber: http://www.hercampus.com/life/family-fri

Entrepreneurship / 29 July 2015

Kalangan Sendiri

Lebih dari Iklan, Ini 9 Kekuatan Sampel Produk Gratis (P1)

Theresia Karo Karo Official Writer
5942

Selain promosi, salah satu media yang patut dipertimbangkan untuk menarik atensi konsumen adalah dengan memberikan sampel produk gratis. Sebab bila dihitung dari segi biaya, pemberian sampel gratis dan pembuatan iklan seperti Facebook Ads, bisa dikatakan sama. Meskipun begitu, dampaknya jelas sangat berbeda.

Memberikan sampel produk gratis jelas lebih bermanfaat. Lewat strategi ini, Anda bisa mendapat banyak benefit disamping sekedar strategi promosi. Bila dibandingkan iklan, berikut lima manfaat yang bisa mendukung Anda mengembangkan bisnis dari pemberian sampel produk gratis:

1 Tingkatkan awareness
Mereka yang belum pernah melihat atau menggunakan produk, bisa merasakan pengalaman langsung melalui sampel produk. Lebih dari sekedar kata atau gambar, konsumen sendiri langsung menikmati, mendengar, merasakan, atau mencium aroma dari produk yang Anda coba tawarkan pada mereka.

2 Munculnya perasaan timbal balik

Seringnya orang akan merasa lebih dekat dengan perusahaan yang telah mereka coba sampel produknya. Sehingga akan muncul perasaan timbal balik.

3 Mendapat feedback dan review

Memberikan sampel juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan saran atau masukan dari pelanggan mengenai produk baru Anda. Apalagi, bila mereka adalah blogger yang sering me-review produk Efeknya akan semakin besar dan mampu meningkatkan penjualan. Namun dengan catatan, produk Anda harus recommended.

4 Tes produk baru
Sampling adalah cara jitu untuk mengetest produk baru. Sehingga memungkinkan Anda untuk melihat reaksi pasar akan produk, sebelum di luncurkan dalam jumlah besar.

5 Meningkatkan hubungan pelanggan dan produsen

Usaha yang lebih, tentu menghasilkan dampak yang lebih. Memberikan sampel gratis, bisa menjadi kejutan manis untuk pelanggan Anda. Gunakan kesempatan ini untuk sekaligus meminta saran mereka atas produk baru Anda.


Sumber : Startupbisnis/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami