5 Tips Mudah Kelola Gaji Bulanan

Career / 22 July 2015

Kalangan Sendiri

5 Tips Mudah Kelola Gaji Bulanan

Lori Official Writer
4827
Sudah biasa rasanya mendengar pekerja kantoran mengeluhkan gaji bulanan yang diterima hanya bisa bertahan tidak lebih dari 10 hari. Bila sudah begitu, tak ada yang bisa disalahkan selain daripada kebiasaan pengelolaan gaji yang buruk. Agar tak kerap mengeluh soal gaji, Anda patut menerapkan tips mengelola gaji yang tepat agar keuangan Anda awet hingga di akhir bulan.

Buat pos pengeluaran

Saat hari pertama gajian, pastikan untuk membuat daftar pos pengeluaran selama sebulan penuh. Budgeting memang sangat penting untuk membuat kondisi keuangan Anda tetap stabil. Caranya, pisahkan 20% untuk tabungan, 10% untuk biaya darurat, 30% untuk belanja dan 40% untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pakai dua rekening sekaligus

Anda mungkin sudah punya rekening tempat penyimpanan gaji bulanan Anda. Tetapi jika Anda punya tujuan lain untuk berhemat dan memiliki tabungan pribadi, maka sisihkan sebanyak 20% dari penghasilan Anda ke rekening lain. Bila memungkinkan, tak perlu memakai ATM untuk rekening bank yang satu ini.

Sisihkan uang belanjaan tunai

Sebelum berbelanja, sisihkan terlebih dahulu uang belanjaan yang sudah Anda perkirakan untuk memenuhi segala kebutuhan secara tunai. Dengan trik ini, Anda akan mengetahui jumlah uang yang sudah digunakan untuk berbelanja. Selain itu, Anda juga bisa lebih membiasakan diri untuk menahan diri mengeluarkan biaya di luar dari yang telah Anda tetapkan sendiri.

Manfaatkan uang receh

Uang receh mungkin bagi Anda tidak bernilai penting. Tetapi akan sangat membantu dalam situasi-situasi tertentu. Cobalah mengumpulkan uang receh yang Anda terima dari sisa kembalian belanja atau ongkos angkutan umum. Lalu masukkan ke dalam celengan atau dompet khusus. Setelah terkumpul cukup banyak, Anda bisa menggunakannya untuk membeli beberapa kebutuhan rumah, misalnya sabun, pasta gigi dan sebagainya.

Buat skala prioritas

Membuat skala prioritas sangat penting untuk mengendalikan pengeluaran bulanan. Hal ini bisa dilakukan setiap awal bulannya. Mungkin dengan mengecek kembali nota pengeluaran bulan lalu, kemudian memilah-milah kebutuhan yang penting untuk dibeli serta membagi gaji sesuai dengan ketetapan yang Anda sudah buat. Misalnya, memisahkan uang tabungan, belanja selama sebulan serta biaya asuransi atau kredit kendaraan (jika ada). Dengan ini, Anda akan bisa jauh lebih hemat dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak terlalu penting.

Tips di atas akan berhasil bila Anda benar-benar komitmen dengan diri sendiri untuk berhemat dan menabung. Ingatlah bahwa tak ada yang akan membuahkan hasil jika Anda tidak mencobanya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami