Isu Rasisme Muncul di Timnas U21 Inggris

Nasional / 2 July 2015

Kalangan Sendiri

Isu Rasisme Muncul di Timnas U21 Inggris

daniel.tanamal Official Writer
3495
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Tim Nasional Inggris kembali ditimpa isu rasisme. Hal ini terungkap dalam sebuah foto Timnas U21 Inggris sedang menjalani jamuan makan malam bersama. Sepintas memang tidak terlihat ada yang luar biasa dari foto tersebut. Namun jika diperhatikan dengan seksama, tampak pemain kulit hitam dan putih dipisahkan oleh meja yang berbeda.

Foto yang dirilis The Daily Mail ini lantas memancing protes dan tudingan bahwa isu rasisme masih menjadi masalah yang muncul di Timnas Inggris. Namun pelatih Three Lions, Gareth Southgate, dengan cepat memberikan bantahan. "Foto tersebut tidak mewakili apa yang anda pikir sedang terjadi dan tidak ada sama sekali pemisahan di dalam tim. Di sepakbola, semua hal seperti itu sama sekali tidak bisa diterima," jelas Southgate, yang sedang memimpin timnya berlaga di Euro U21 di Rep. Ceska.

Masalah rasisme memang merupakan isu yang sensitif di sepakbola Inggris belakangan ini. Belum lama, mantan manajer Graham Taylor mengakui bahwa FA sempat memintanya untuk tidak memanggil terlalu banyak pemain kulit hitam. Selain itu terdapat beberapa peristiwa kelam terhadap rasisme di sepakbola Inggris. Bahkan sang mantan kapten The Three Lions, John Terry sempat tersandung masalah ini yang membawanya berkonflik dengan mantan palang pintu Manchester United, Rio Ferdinand.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami