Tips Membuat Kaldu Ayam yang Lezat
Sumber: Batamtoday.com

Entertainment / 2 July 2015

Kalangan Sendiri

Tips Membuat Kaldu Ayam yang Lezat

Lori Official Writer
4492
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Tahukah Anda bahwa kaldu ayam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu mengembalikan kebugaran tubuh pasca demam atau flu. Selain mudah mendapatkannya, kaldu ayam juga mudah dibuat kog. Bila Anda berniat membuat sendiri kaldu ayam yang sehat dan lezat, pilihlah ayam organik. Dagingnya yang lebih kecil, akan membuat ayam organik menjadi lebih gurih daripada ayam broiler. Untuk itu jawaban.com akan memberikan Anda tips penyajian kaldu ayam yang lezat dan sederhana.

Bahan-bahan:

Satu ekor ayam organik, dipotong sedang

Bawang Putih, dimemarkan

Jahe, dimemarkan

Daun Bawang, iris sedang

Wortel dan Kentang, kupas dan iris sedang

Garam

 

Cara Pembuatan:

1. Cuci potongan daging ayam hingga benar-benar bersih.

3. Pisahkan organ dalam (jeroan) ayam saat membuat kaldu ayam karena hanya akan membuat kaldu pahit.

4. Rebus ayam dengan menggunakan air dingin, lalu biarkan hingga mendidih di atas api kecil atau sedang.

5. Tambahkan garam secukupnya ke dalam rebusan kaldu ketika air tampak sudah mendidih.

6. Aduk-aduk kaldu ayam hingga mendidih.

7. Saat gelembung-gelembung mendidih muncul untuk pertama kalinya, masukkanlah sayur-sayuran dan bumbu lain seperti kentang, wortel, daun bawang, bawang putih dan jahe ke dalamnya, lalu aduk-aduk.  

9. Untuk memisahkan lemak kaldu, masukkan es batu saat kaldu memunculkan gelembung-gelembung mendidih untuk pertama kali.

10. Saring kaldu sebelum dinikmati saat masih hangat.

Bagi Anda yang suka dengan rasa pedas dan sedikit asam, Anda bisa menambahkan cabe giling dan jeruk nipis saat akan menyantap kaldu ayam. Selamat menikmati!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami