4 Peristiwa Paling Mengejutkan Dunia Selama Akhir Pekan
Sumber: Ctvnews.ca

Nasional / 29 June 2015

Kalangan Sendiri

4 Peristiwa Paling Mengejutkan Dunia Selama Akhir Pekan

Lori Official Writer
5490
Belum lama ini dunia dihebohkan dengan peristiwa penembakan di Gereja Emmanuella, Charleston, Amerika Serikat. Namun terror seolah tak berhenti sampai di situ, sebab peristiwa serupa juga tak kalah menghebohkan dan mengkhawatirkan di  akhir pekan ini. Mengapa tidak, empat peristiwa ini telah mengejutkan berbagai belahan dunia.

#1 Penembakan di Parade LGBT

Bulan Juni menjadi ajang tahunan bagi para kaum LGBT di seluruh dunia untuk merayakan keberadaan komunitas pendukung gay. Peringatan ini diwarnai dengan parade meriah di jalanan. Seperti yang tampak di San Fransisko, Amerika Serikat (AS) dan Turki sejak 27 Juni 2015. Sayangnya, parade di kedua negara ini mendadak menjadi mengerikan akibat terjadinya aksi penembakan.

Di AS, misalnya, aksi penembakan terjadi setelah sebuah perseteruan terjadi di lokasi parade. Perseteruan itupun berubah menjadi baku tembak dan memicu kekacauan. Sementara itu, parade gay yang digelar di pusat kota Istanbul, Turki, yang awalnya begitu meriah mendadak kacau setelah ribuan polisi turun mengamankan lokasi parade dengan menembakkan gas air mata setelah kaum gay tidak mengindahkan larangan pengadaan parade di pusat kota Istanbul, khususnya bundaran Taksim.

Panitia penyelenggara acara LGBT Istanbul mengatakan bahwa pelarangan itu diketahui terkait dengan pelaksanaan bulan suci Ramadan di negara mayoritas Muslim tersebut.

#2 Serangan bersenjata di Tunisia

Sebuah serangan bersenjata terjadi di Tunisia terjadi pada Jumat, 26 Juni 2015. Sebanyak lima belas warga Inggris tewas dalam serangan bersenjata di kawasan wisata pantai Sousse, Tunisia. Penembakan ini dilakukan oleh seorang mahasiswa Tunisia diduga sebagai bagian dari kelompok ISIS. Ia membawa senapan menuju lokasi wisata tersebut dari arah pantai dekat Hotel Riu Imperial Marhaba dan Bellevue Hotel, sebelum memasuki Hotel Imperial Marhaba dan terus melakukan penembakan. Nahasnya, pria yang diidentifikasi bernama Seifeddine Rezgui itu mati tertembak oleh polisi. Hingga kini, korban yang tewas tercatat sebanyak 38 orang.

#3 Ledakan di taman hiburan Taiwan

Ratusan orang terluka akibat peristiwa ledakan dan kebakaran di sebuah taman hiburan di luar ibu kota Taiwan, Taipei, Sabtu (27/6). Peristiwa itu terjadi di panggung utama sebuah taman hiburan. Menurut saksi, ledakan dipicu dari sebuah bubuk berwarna yang digunakan untuk permainan semprotan dalam pesta yang digelar sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Lebih dari 1000 orang berada di sekitar panggung. Dan saat ledakan terjadi, sekitar 500 orang diketahui mengalami luka-luka. Para korban segera dilarikan dari taman tersebutdengan menggunakan pelampung . Akibat peristiwa ini, taan tersebut sementara ditutup hingga proses penyelidikan selesai.

#4 Kebakaran kantor Komnas PA

Peristiwa kebakaran kembali terjadi di kantor Komnas Perlindungan Anak (PA) setelah sebelumnya terjadi pada tahun 2009 silam. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, 27 Juni 2015 pada pukul 20.11 WIB. Api habis melahap  12 ribu dokumen terkait kasus anak. Sementara api melahap habis empat ruangan, yakni ruang kerja Sekretaris Komnas, ruang arsip, ruang pegawai Kementerian Sosial dan kamar inap tamu. Menurut saksi mata, Indriyarto selaku office Manager, api menyambar bagian atas, lalu turun dan menghanguskan ruangan-ruangan tersebut. 

Awalnya, banyak dugaan yang muncul, termasuk dugaan dari mercun yang dilemparkan ke atap kantor dan arus listrik. Sementara Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menduga peristiwa adalah unsur kesengajaan menyusul kasus besar yang saat ini ditangani Komnas PA. Apalagi, mengingat belakangan ini, kata Arist, banyak terror yang dialamatkan kepada pihaknya. Namun hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih terus menyelidiki penyebab kebakaran.

Ragam ancaman yang belakangan ini tengah marak terjadi menjadi bentuk peringatan agar kita tetap berjaga-jaga dalam setiap hal, terutama dalam hal sistem keamanan sebuah negara. Semoga peristiwa-peristiwa di atas tidak menimbulkan trauma dan keresahan berlebihan.



Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami