3 Pelajaran Berharga Dari Sebuah Kegagalan

Entrepreneurship / 27 June 2015

Kalangan Sendiri

3 Pelajaran Berharga Dari Sebuah Kegagalan

Puji Astuti Official Writer
5820

Membangun sebuah usaha tidaklah semudah membalik telapak tangan. Kerja keras, tekanan dan tantangan menjadi keseharian seorang penguasaha, bahkan tak jarang harus menghadapi kegagalan. Seorang pengusaha tahu bahwa kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan, jadi dia tidak perlu takut ataupun menjadi patah semangat saat mengalaminya. Lalu bagaimana cara menghadapi kegagalan dalam perjalanan Anda membangun bisnis? Berikut adalah tipsnya :

1# Mundur selangkah ke belakang

Melakukan hal ini bukan berarti Anda kalah, namun Anda mundur untuk bisa melakukan evaluasi dan melihat situasi dengan lebih jelas. Dengan mundur selangkah, menjadi tenang dan melakukan evaluasi, kita bisa membuat strategi yang lebih baik untuk mengatasi masalah yang menyebabkan kita gagal. Karenanya kadang kegagalan adalah berkat yang tersembunyi, karena hal itu membuat kita bisa menjadi lebih baik lagi.

2# Lepaskanlah kekuatiran tentang hari esok

Kegagalan hari ini atau hari sebelumnya tidak membuat Anda menjadi orang yang gagal di kemudian hari. Kegagalan hanyalah sebuah situasi, dan situasi dapat diubah. Jangan biarkan kegagalan kemarin menghantui langkah Anda ke depan. Lepaskanlah ketakutan dan kekuatiran Anda tentang apa yang akan terjadi esok hari. Buatlah rencana, persiapkan sebaik mungkin, dan berdoalah agar usaha yang Anda lakukan besok mencapai keberhasilan. Jangan biarkan kekuatiran Anda merampok pengharapan dan sukacita Anda di saat ini.

3# Belajar rendah hati

Salah satu pelajaran penting dari kegagalan adalah menjadi rendah hati. Seorang yang perfeksionis biasanya tidak bisa menerima kegagalan, namun dalam kehidupan kegagalan kadang tidak terelakkan. Kegagalan mengajarkan kita perjuangan namun juga menjadi tidak tinggi hati saat berhasil dan tidak memandang rendah orang yang gagal.

Jangan takut gagal, karena setiap kegagalan yang kita alami adalah sarana pembelajaran untuk melakukan hal tersebut dengan cara yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian kita akan mencapai keberhasilan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Entrepreneurs.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami