Ditembaki Saat Berdoa, 9 Orang Jemaat Gereja di Charleston Tewas
Sumber: CNN

Internasional / 18 June 2015

Kalangan Sendiri

Ditembaki Saat Berdoa, 9 Orang Jemaat Gereja di Charleston Tewas

Puji Astuti Official Writer
4773

Aksi penembakan kembali terjadi di Amerika, kali yang menjadi sasaran adalah sebuah gereja di wilayah Charleston, South Carolina. Kejadian ini terjadi pada Rabu malam (17/6/2015) waktu setempat, saat itu gereja sedang menyelenggarakan pendalaman Alkitab dan seorang pria kulit putih masuk dan menembaki jemaat yang sedang berdoa. Delapan orang tewas ditempat dan satu orang tewas saat berada di rumah sakit.

Gereja Emanuel African Methodist Episcopal adalah gereja bersejarah yang berdiri di wilayah tersebut sejak 1819 dengan jemaat keturunan Afrika-Amerika. Penembakan ini diduga bermotif kebencian terkait dengan ras.

"Satu-satunya alasan seseorang masuk ke gereja dan menembaki orang yang sedang berdoa adalah kebencian," demikian ungkap Walikota Charleston, Joe Riley seperti dirilis oleh CNN.com.

Pihak kepolisian membenarkan bahwa penembakan terjadi saat jemaat sedang berdoa. Kepala Kepolisian Charleston Greg Mullen menyatakan bahwa ada beberapa orang yang selamat dari kejadian mengerikan tersebut, namun tidak mau mengukap lebih lanjut tentang mereka.

Polisi menerima laporan sekitar pukul 9 malam, saat petugas datang mereka hanya menemukan para korban di dalam gereja tersebut. Saat ini pihak berwajib masih memburu pelaku yang melarikan diri. Diduga pelaku adalah seorang berkulit putih di usia 20an tahun dengan tubuh ramping. Dia mengenakan kaus abu-abu, celana jeans biru dan sepatu bot.

Polisi mengingatkan masyarakat bahwa pelaku sangat berbahaya dan akan mengerahkan seluruh sumber daya untuk segera menangkapnya. Mereka juga meminta masyarakat jika mengetahui keberadaan pelaku segera menghubungi pihak berwajib untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber : CNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami