4 Cara Memasak Ikan Jadi Hidangan Lezat dan Sehat
Sumber: Medianita.com

Entertainment / 18 June 2015

Kalangan Sendiri

4 Cara Memasak Ikan Jadi Hidangan Lezat dan Sehat

Lori Official Writer
8007

Tak diragukan lagi, ikan adalah salah satu bahan makanan yang kaya nutrisi untuk tubuh. Salah satu keuntungannya adalah memiliki kandungan rendah lemak jenuh, tinggi protein dan kaya akan asam lemak omega 3. Ikan juga kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.  Dengan alasan ini, banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi ikan daripada daging dan keju.  

Untuk menyajikan ikan pun tidak sembarang. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ternyata proses memasak yang salah justru bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam ikan. Dengan itu dibutuhkan teknik dan cara yang tepat untuk menyajikan ikan sebagai makanan yang lezat dan sehat, dan tentunya sesuai dengan selera Anda. Berikut 4 cara mudah mengolah ikan.

1. Goreng


Source: www.pesona.co.id

Ikan umumnya diolah menjadi makanan dengan cara digireng di atas minyak panas. Dengan tambahan bumbu atau saus, ikan goring akan semakin istimewa. Banyak jenis saus yang bisa dipilih untuk melengkapi cita rasa ikan goreng, seperti saus padang, asam manis, teriyaki dan sebagainya.

2. Presto


Source: bandengjogja.com

Presto  merupakan salah satu cara pengolahan ikan berduri seperti ikan bandeng. Biasanya ikan ini akan dimasak dengan benar agar duri di dalamnya tidak tersisa di dalam daging ikan. Lalu, tambahkan campuran sejumlah rempah atau bumbu selama proses presto agar ikan tetap wangi. Menu ikan presto yang banyak disukai salah satunya adalah Bandeng Presto.

3. Pepes


Source: hcbishop.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai ikan pepes, pastikan mencapurkannya dengan jenis rempah seperti serawung, bawang merah dan sebagainya. Selain itu, daun pisang yang digunakan pun harus benar-benar dalam kondisi baik agar ikan bisa matang dengan sempurna.

4. Sayur


Source: selasar.com

Selain digoreng, dipresto dan dipepes, ikan juga bisa di sayur loh. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan kuah pada ikan yang direbus. Biasanya menu ikan sayur ini seperti sup ikan, ikan asam manis pedas, arsik ikan mas dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda para pecinta ikan terdapat beragam cara yang bisa anda pakai untuk menyajikan ikan kesukaan Anda sebagai santapan lezat dan sehat. Mudah bukan?

Sumber : Tabloid Nova/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami