4 Bisnis Yang Sangat Dibutuhkan Jelang Bulan Puasa dan Lebaran
Sumber: Antara News

Investment / 27 May 2015

Kalangan Sendiri

4 Bisnis Yang Sangat Dibutuhkan Jelang Bulan Puasa dan Lebaran

Puji Astuti Official Writer
19347

Menjelang bulan puasa dan lebaran, pemerintah melakukan persiapan agar kondisi ekonomi stabil. Walau dilaporkan daya beli melemah, akibat inflasi dan juga lesunya bisnis di kwartal pertama 2015, namun diharapkan hal tersebut tidak mengurangi semangat masyarakat jelang puasa dan mudik lebaran.

Meski demikian sudah bisa dipastikan bulan puasa dan saat mudik tetap dinanti masyarakat dengan penuh antusias, hal ini terlihat dengan larisnya tiket trasportasi seperti bus, kereta api, kapal dan juga pesawat terbang. Karenanya melakukan investasi pada bisnis yang potensial di bulan puasa dan saat lebaran tetap patut dicoba. Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa Anda lirik :

1. Bisnis makanan

Makanan tentu saja tetap menjadi kebutuhan utama, sesulit apapun ekonomi masyarakat pasti tetap membeli makanan walau tetap ada yang namanya penghematan. Nah, karena itu salah satu usaha yang akan mengalami peningkatan omset di bulan puasa dan lebaran adalah toko sembako. Kadang-kadang beberapa barang bahan pokok bisa melambung tinggi di saat bulan puasa berjalan atau jelang lebaran, jadi jika Anda punya modal cukup besar maka dengan memiliki stok barang yang cukup banyak bisa sangat menguntungkan.

Selain sembako, bisnis makanan yang lain adalah makanan basah untuk buka puasa. Sudah umum bahwa saat jelang waktu buka puasa, banyak orang yang memilih membeli makanan jadi dan minuman segar.

Jika sudah menjelang lebaran, menjual kue kering bisa jadi pilihan. Buatlah kue yang enak, harga yang miring dan kemasan yang unik, dengan demikian barang dagangan Anda pasti laris manis.

2. Bisnis transportasi

Jelang puasa dan lebaran, sudah tradisi masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Untuk itu peluang usaha di bidang trasportasi menjadi sangat terbuka lebar. Pilihannya pun banyak, dari sekedar menjadi agen travel yang menjual tiket bus, kereta, kapal dan pesawat terbang, sewa mobil hingga jual beli mobil.

Secara psikologis, sebagian besar masyarakat Indonesia ingin saat pulang ke kampung terlihat bahwa dirinya sukses. Hal tersebut pada akhirnya memicu sikap konsumtif seperti memilih menyewa atau membeli mobil saat akan pulang kampung. Disinilah menjadi peluang Anda untuk melakukan investasi, namun harus berhati-hati juga karena selain modalnya cukup besar, resiko dan juga ancaman tindak kejahatan juga besar. Pikirkan faktor keamanan sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bisnis keamanan dan penunggu rumah

Saat masyarakat mudik, ada ancaman tersendiri dengan rumah yang ditinggalkan, mulai dari ancaman tindak kejahatan hingga kebakaran rumah. Karenanya jasa keamanan dan penunggu rumah menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan jelang lebaran, sehingga para pemudik dapat menikmati silaturahmi bersama keluarga dengan damai sejahtera.

Untuk bisnis keamanan bukan hanya dalam bentuk jasa satuan pengamanan (satpam) saja namun juga aplikasi tekhnologi seperti alarm, kamera pengawas (cctv) dan juga aplikasi mobile yang bisa melihat kondisi rumah melalui kamera pengawas lansung dari handphone. Idenya menarik bukan?

4. Jasa pengganti sementara asisten rumah tangga

Salah satu yang krusial dalam kehidupan rumah tangga adalah keberadaan seorang asisten rumah tangga, terutama bagi suami istri yang keduanya bekerja. Nah, yang repot tuh, ketika jelang puasa atau lebarang sang pembantu rumah tangga mengajukan cuti panjang untuk cuti. Bisa dipastikan para ibu langsung berteriak karena kelimpungan untuk menangani pekerjaan rumah, mengasuh anak dan juga tetap harus bekerja. Disinilah kebutuhan jasa pengganti sementara sisten rumah tangga muncul. Jika Anda tertarik dengan usaha jasa dan memiliki karyawan yang bersedia bekerja di bulan puasa dan lebaran, usaha ini akan menjanjikan keuntungan yang besar.

Sebuah usaha muncul karena adanya kebutuhan, untuk itu jeli-jelilah melihat kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar Anda. Dengan menjawab kebutuhan mereka, Anda bukan hanya menolong orang yang membutuhkan dan menjadikan diri Anda pengusaha, namun juga membuka peluang kerja bagi orang lain. Pastikan untuk menjaga kualitas produk dan layanan Anda sehingga bisnis Anda tetap bisa berkelanjutan.

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami