Raup Untung Berbisnis Batu Akik yang Lagi Tren
Sumber: Tempo.co

Entrepreneurship / 27 April 2015

Kalangan Sendiri

Raup Untung Berbisnis Batu Akik yang Lagi Tren

Lori Official Writer
3204
Salah satu strategi berbisnis adalah mengikuti tren yang tengah booming. Sama seperti batu akik yang sudah tren sejak tahun 2014 silam, batu hiasan yang satu ini semakin menarik minat banyak masyarakat Indonesia. Tak ada salahnya bila mengambil kesempatan menggeluti bisnis ini karena diakui cukup menjanjikan meski awalnya dianggap tidak bernilai ekonomis.

Sebuah batu akik saja bisa berkisar mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah. Hal inilah yang membuatnya semakin menggiurkan dan diminati. Bagi Anda yang hendak menggeluti bisnis batu akik dengan sukses, lakukan beberapa hal ini :  

1. Pelajari ragam jenis batu akik

Sama seperti emas atau berlian, beda bahan dan kadar maka beda pula tingkat harganya. Demikian pula dengan batu akik, sebagai pelaku bisnis, pelajari terlebih dahulu jenis batu yang dipasarkan. Anda harus mengetahui perbedaan jenis batu akik ini, seperti batu bacan, kecubung, sulaiman, kalimaya, Red Raflesia dan sebagainya. Akan sangat riskan bila Anda tidak benar-benar memahami produk yang Anda pasarkan dengan alasan tergiur dengan keuntungannya yang besar saja. Bisa jadi konsumen malah tidak akan merasa puas dengan pelayanan yang Anda tawarkan.

2. Jaga kualitas produk

Salah satu faktor yang mampu memikat minat konsumen terhadap batu akik yang Anda jual adalah kualitasnya yang terjamin. Dengan selalu menyediakan batu akik dengan kualitas asli, bisa jadi mencuri perhatian konsumen dan mempercayai produk-produk Anda, atau bahkan mereka jadi pelanggan setia Anda.

3. Atur modal usaha

Batu akik adalah salah satu bisnis musiman yang bisa saja akan redup seiring waktu. Dengan itu, atur modal usaha yang perlu Anda keluarkan untuk bisnis ini. Ada baiknya tidak menggelontorkan seluruh modal untuk sekali penjualan produk. Perhitungkan dengan seksama kemungkinan yang akan terjadi bila peminatnya semakin redup.

4. Survey harga dan tren batu akik

Persaingan bisnis batu akik akan terus melejit tinggi. Agar tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu di berbagai pusat-pusat perdagangan batu mulia untuk menentukan harga yang Anda patok. Semakin sering Anda melakukan survey harga maka akan semakin baik perkembangan bisnis batu akik Anda.

Anda juga perlu sekaligus melakukan survey tentang batu akik yang tengah digandrungi banyak orang. Anda mungkin bisa melirik beragam situs online yang khusus memperjualbelikan batu akik secara personal.

5. Buat beragam inovasi batu akik

Inovasi begitu penting untuk menghindarkan kejenuhan konsumen. Selain itu, inovasi juga menjadi sarana untuk meningkatkan nilai batu akik itu sendiri. Jika bisnis Anda ingin bertahan lama, maka buatlah terobosan dengan desain batu akik yang belum pernah diperjualbelikan di pasaran. Tentukan sesuai dengan selera konsumen yang Anda sasar.

6. Strategi memasarkan batu akik

Memakainya di jemari Anda dan menawarkannya kepada setiap orang yang berinteraksi dengan Anda bukanlah ide yang begitu buruk sebagai strategi berjualan. Tetapi akan lebih baik dan maksimal bila Anda bisa memanfaatkan teknologi atau sejumlah modal usaha untuk penyewaan lahan bisnis. Memasang fan page khusus penjualan batu akik di Facebook, menawarkan batu akik lewat Twitter dan Path juga sangat berpeluang besar.

Selain itu, sistem penjualan juga bisa anda terapkan dengan melakukan sistem tukar tambah, artinya kita menerima batu akik dari konsumen untuk ditukarkan dengan jenis batu lainnya. Dengan catatan, penambahan harga sesuai dengan bahan batu yang diinginkan.

Demikian beberapa kunci sukses yang bisa Anda terapkan dalam menggeluti bisnis batu akik. Selamat menggeluti bisnis yang tengah tren di tahun 2015 ini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami