Cara Enyahkan Ragam Gangguan di Medsos
Sumber: Forbes.com

Entertainment / 25 April 2015

Kalangan Sendiri

Cara Enyahkan Ragam Gangguan di Medsos

Lori Official Writer
3818
Menggunakan media sosial (medsos) telah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern zaman ini. Pasalnya, medsos berfungsi sebagai sarana komunikasi yang bisa menghubungkan seseorang dengan dunia luar.  Ragam media sosial pun hadir, misalnya Facebook, Twitter, Instagram dan Path.

Meski menawarkan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan berinteraksi dengan orang lain, namun medsos tetap saja bisa menimbulkan beragam gangguan yang berdampak buruk bagi penggunanya.

Gangguan yang biasanya terjadi bisa berupa postingan yang tidak senonoh, komentar teman yang tidak membangun dan sebagainya. Gangguan ini bahkan menyebabkan beragam keluhan dari para netizen. Sehingga beberapa medsos pun bertindak dengan menghadirkan beragam cara untuk menjamin kenyamanan para pengguna.

Berikut ragam gangguan di medsos dan cara mengenyahkannya :

1. Ragam postingan yang mengganggu di Facebook

Facebook membantu Anda untuk memiliki banyak teman baru dan menggunakannya sebagai media berjualan. Namun seringkali ada saja teman yang suka mengirimkan postingan-postingan yang tidak jelas dan sangat mengganggu dan muncul di dinding.

Postingan ini bia dicegah dengan cara memblokir atau menyembunyikan setiap postingan dari teman tanpa harus menghapusnya dari pertemanan. Caranya mudah, yakni dengan mengubah pilihan pengaturan saja dengan memilih menu ‘timeline dan tangging setiings’ lalu pilih menu edit. Lalu pilih siapa saja yang bisa mengirim dan menyebut Anda dalam  postingannya.

2. Kenali penelepon misterius lewat Facebook Hello

Nomor misterius yang kerap menelepon tanpa menyebutkan nama tentu saja begitu mengganggu. Bila Anda merasa penasaran, cari tahu dengan menggunakan fitur Hello Facebook dengan mengintegrasikan daftar kontak Facebook dengan kontak nomor yang tersimpan di ponsel. Pengguna bisa mengetahui identitas penelepon walau tak menyimpan nomor kontak orang tersebut di daftar kontak ponsel. Selain itu, Facebook Hello juga bisa memblok nomor tertentu yang dianggap mengganggu.

3. Enyahkan komentar dari postingan berantai di Path

Mirip dengan Facebook, medsos Path juga menyediakan fitur berbagi postingan dan diizinkan untuk menyebutkan nama sejumlah teman. Kadang kala perbincangan memang akan terasa seru, dan sebaliknya hanya akan menjadi gangguan ketika komentar-komentar tersebut terus menerus dan memenuhi notifikasi, ketika teman lainya melakukan repath dan tag nama Anda lagi.

Namun hal ini bisa dicegah dengan cara memasang fitur Mute Moment, Friend Only Tags, dan Share to Email. Caranya, mulai dengan memeriksa postingan moment yang teman Anda tag, dan klik di postingan paling atas. Anda akan menemukan daftar nama yang di-tag oleh teman Anda. Scroll down ke pilihan paling bawah sampai Anda menemukan pilihan `mute this moment`. Selanjutnya, akan ada pilihan yang menanyakan Anda untuk mute moment tersebut secara permanen dan mengenyahkan semua notifikasi yang muncul dari moment tersebut. Pilih menu mute untuk menonaktifkan moment itu.

4. Blokir pengikut yang menjajakan iklan tak senonoh di Twitter

Tentu akan banyak sekali pengikut di Twitter yang kerap menjajakan iklan terkait beragam produk yang tidak sesuai dengan Anda. Hal ini bisa saja terjadi kendati Anda dan pengiklan tidak saling mengikuti. Nah, untuk mencegahnya Anda bisa melakukan dua cara, pertama kunci akun agar tidak terbuka bagi publik. Hal ini bisa diatur di menu setting ‘Account’. Kedua, klik pengikut dari akun pribadi dan klik menu setting. Selanjutnya klik menu, akan ditampilkan pilihan, lalu pilih blokir untuk memblok pengganggu tersebut.

Kehadiran media sosial banyak dimanfaatkan para pengguna untuk beragam tujuan dan kepentingan. Namun bukan berarti dengan hal itu, pengguna bisa melakukan apapun kepada pengikut atau teman. Tetaplah bijak menggunakan media sosial agar melalui setiap postingan  banyak orang diberkati.

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami