Review Buku : Crazy Busy
Sumber: Christianitytoday.com

Book / 21 April 2015

Kalangan Sendiri

Review Buku : Crazy Busy

Lori Official Writer
4156
Di zaman yang serba cepat dan banyak tuntutan ini, waktu kita serasa tersedot sepenuhnya oleh kesibukan. Saat seseorang menyapa, ‘Hi, Apa kabar?’. Kebanyakan dari kita menjawabnya dengan kalimat simpel, ‘Ya. Saya sibuk sekali’.

Ya, kesibukan sudah menjadi tuan atas hidup kita. Hal ini banyak mendera orang-orang yang hidup di kota. Mereka mengejar materi dengan bekerja keras sepanjang hari, bahkan mencoba bekerja hingga tiga shift untuk memenuhi kebutuhan. Ada pula yang bekerja untuk mengejar ambisi pribadi dan diterpa kecemasan. Tanpa disadari mereka terbelenggu dalam kecanduan kerja.

Kondisi ini mendorong penulis populer Kevin DeYoung menjabarkan tentang tiga bahaya kesibukan yang menyerang kehidupan seseorang, yaitu merusak suka cita, merampok kebahagiaan dan menutupi masalah dalam hidup. Dan buku ini juga menjabarkan tentang tujuh tanda yang patut diwaspadai untuk membantu pembaca tidak terjebak dalam perangkap kesibukan.  

Banyak buku manajemen diri yang telah menjabarkan tentang bahaya kesibukan, tetapi Crazy Busy berbeda terutama penjabaran dalam poin ketujuh yang diterangkan oleh DeYoung. Dilengkapi dengan penjelasan yang Alkitabiah, DeYoung mencoba memberi pandangan yang benar soal pekerjaan kepada setiap pembaca.

Alkitab dengan terang menjabarkan bahwa bekerja dengan susah payah sesungguhnya adalah akibat dari dosa. Namun Tuhan membawa pembaharuan, sama seperti teknologi canggih yang saat ini hadir memanjakan manusia. Seperti  mesin cuci, mesin potong rumput, ponsel dan internet.

Kita seharusnya mempergunakan beragam inovasi tersebut untuk meringankan dan mempersingkat waktu kerja kita. Bukan malah membuat diri menjadi semakin sibuk dan lelah dari hari ke hari.  

Tuhan memberi waktu 24 jam sehari, dalam artian, kita diberi kesempatan untuk bekerja dan menikmati kehidupan dengan seimbang. Bukankah Tuhan Yesus dalam perjalanan pelayanannya pun berusaha mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dari padatnya jadwal pelayanannya? Yesus bahkan memberi contoh kepada kita bahwa kita pun perlu mendayung perahu kita sendiri dan sejenak menepi ke tempat yang sepi.

Crazy Busy mengingatkan agar kesibukan tidak menjadi tuan atas hidup kita. Seimbangkan hidup Anda dengan memanagemen diri untuk pekerjaan, keluarga dan orang lain. Nikmati setiap detik hidup Anda untuk sesuatu yang Tuhan ingin Anda lakukan di luar sana.

 

Info Buku

Crazy Busy ditulis oleh Kevin DeYoung, seorang penulis buku yang sudah banyak meraih penghargaan. Ia juga rajin menulis blog, pembicara konferensi dan pendeta senior di University Reformed Church, Michigan. Ia  adalah lulusan dari Hope College dan Gordon-Conwell Theological Seminary.

Buku ini diterbitkan Crossway pada 23 September 2013. Bisa didapatkan dengan harga Rp 38.000.

Sumber : Christanitytoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami