Pertamina Luncurkan BBM Jenis Baru, Pertalite
Sumber: Bisnis.com

Nasional / 20 April 2015

Kalangan Sendiri

Pertamina Luncurkan BBM Jenis Baru, Pertalite

daniel.tanamal Official Writer
3773
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

PT Pertamina (Persero) mengatakan akan meluncurkan dan memasarkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang diberi nama pertalite pada tahun ini. Namun untuk kepastian tanggalnya, Pertamina masih belum bisa memastikan lantaran masih menunggu tanggal untuk me-launcing secara resmi dan persiapannya sudah siap secara menyeluruh.

"Ini kan baru tes pasar, soal respons dari berbagai pihak baik pemerintah, DPR, BPH, pengamat, pengusaha SPBU dan masyarakat konsumen," kata Direktur Marketing and Trading Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Sabtu (18/4/2015).

Sebagaimana diketahui, PT Pertamina secara bertahap akan menghapus BBM dengan RON 88 alias premium dan nantinya premium akan digantikan perannya oleh pertalite yang memilliki RON 91. Pertamina juga menegaskan pertalite lebih unggul dibandingkan jenis RON 88 alias premium. Ahmad mengatakan, dibandingkan dengan premium, pertalite merupakan BBM yang lebih memberikan manfaat banyak untuk mesin kendaraan. "Jelas dong, ya membuat mesin lebih halus, bertenaga, ramah lingkungan, dan hemat sehingga melaju lebih jauh,” tambahnya.

Terkait hal ini, Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan, Pertamina melakukan transisi penghapusan premium ke pertalite untuk meniadakan pemikiran negatif dari impor premium selama ini. Dengan demikian, keberadaan mafia migas yang disebut-sebut bermain di balik adanya premium dapat dihilangkan. Adapun alasan lainnya adalah karena pertalite akan menjadi BBM yang lebih bersih dan ramah lingkungan karena memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium.



Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami