5 Tanda Anda Siap Beralih Dari Karyawan Jadi Pengusaha

Entrepreneurship / 18 April 2015

Kalangan Sendiri

5 Tanda Anda Siap Beralih Dari Karyawan Jadi Pengusaha

Puji Astuti Official Writer
6099

Memulai sebuah usaha baru merupakan sebuah pengalaman yang menegangkan dan memacu adrenalin, karena di depan Anda terbentang berbagai kemungkinan, termasuk kemungkinan mencapai kesuksesan yang luar biasa atau sebaliknya gagal total. Namun kemungkinan yang berada di antara dua kutub itu seharusnya sudah cukup menjadi pemacu kita untuk mengambil langkah memulai usaha kita sendiri.

Apakah Anda sedang menunggu kesempatan yang tepat untuk memulainya? Selama apapun Anda menunggu tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk memulainya, Anda tidak akan pernah yakin sepenuhnya, Anda juga tidak akan memiliki modal yang cukup dan resikonya tidak mungkin nol persen. Selalu ada kemungkinan bahwa bisnis itu gagal, tetapi ada kemungkinan juga bahwa usaha itu akan berhasil. Siapkah Anda meraih kemungkinan itu? Jika Anda mengalami beberapa tanda dibawah ini, ini mungkin waktunya Anda memulai perjalanan baru dalam memulai usaha Anda sendiri:

1. Pekerjaan Anda tidak lagi memuaskan

Dalam setiap pekerjaan, akan ada hari baik dan hari buruk. Hanya karena Anda mengalami beberapa hari buruk bukan berarti itu tanda bahwa Anda harus memulai usaha sendiri. Namun jika Anda mengalami baik hari buruk dan hari baik, namun pekerjaan yang Anda jalani tidak membuat Anda merasa puas, ini mungkin waktunya mempertimbangkan untuk memulai usaha Anda sendiri.

2. Anda menyadari resiko memiliki usaha sendiri

Tentunya bukan ide hebat jika Anda tiba-tiba berhenti bekerja untuk memulai bisnis. Ada resiko serius yang harus ditanggung, dan hanya jika Anda mengerti benar resiko itu dan yakin bisa menanggungnya, barulah ambil langkah selanjutnya.

Sebelum Anda membuat keputusan besar, lakukan penelitian. Anda mungkin menyadari bahwa ada beberapa resiko seperti kehabisan modal, kehilangan pekerjaan, bahkan harus berhadapan dengan masalah legal, dan seterusnya. Tak terhitung banyaknya persoalan yang menanti, sesuatu yang kadang tidak pernah terpikir sebelumnya. Akan sangat membantu jika sebelumnya Anda belajar kepada sesama pengusaha yang telah mengalami berbagai pengalaman jatuh bangun.

3. Kamu memiliki ide dan hal itu hasrat terbesar Anda.

Jika Anda sudah memiliki rencana memulai usaha, tentu Anda telah memiliki ide tentang jenis usaha apa yang Anda akan lakukan. Apakah hal itu sesuatu yang Anda tidak terlalu tertarik tapi tahu akan menghasilkan uang? Atau hal itu sesuatu yang menjadi kesukaan Anda namun tidak tahu pasti apakah akan berhasil atau tidak? Jadi mana yang harus dipilih.

Percaya atau tidak, pilihlah yang kedua, karena jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lakukann Anda tidak akan berhasil. karena tidak memiliki dorongan semangat yang dibutuhkan untuk mengerjalannya.

4. Anda memiliki pendukung

Hanya sedikit orang yang sukses dalam kesendirian, Anda akan membutuhkan orang-orang yang peduli dan mengasihi Anda untuk mendukung dan membantu Anda melewati masa-masa sulit. Anda juga membutuhkan seorang pembimbing yang bisa memberikan pertimbangan saat harus mengambil keputusan sulit dan memperlihatkan kemungkinan-kemungkinan bahaya yang ada di depan. Pastikan keluarga Anda mendukung ketika Anda memutuskan untuk terjun memulai usaha sendiri.

5. Anda tahu benar apa yang penting bagi Anda

Beberapa orang menjalani hidup tanpa tahu apa yang penting bagi mereka. Kembali lagi selidiki apa yang menjadi motivasi utama Anda untuk memulai usaha sendiri, apakah hal ini tentang menjadi hebat atau tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup ini? Hanya Anda yang bisa membuat keputusan ini.

Jika di awal memulai usaha sepertinya tidak berjalan lancar, jangan putus asa dulu. Jalan menuju keberhasilan tidak selalu mulus, ada kerja keras yang harus dilakukan. Jalani dengan optimisme dan pengharapan. Ada sesuatu yang besar menanti Anda di depan sana, teruslah melangkah menuju visi Anda .


Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami