PM Israel Samakan Tindakan Nazi dengan Nuklir Iran
Sumber: Globalnews.ca

Nasional / 17 April 2015

Kalangan Sendiri

PM Israel Samakan Tindakan Nazi dengan Nuklir Iran

daniel.tanamal Official Writer
3121
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Dalam pidatonya pada Hari Peringatan Holocoust, Kamis (16/4), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membandingkan Iran dengan Nazi terkait dengan peristiwa genosida terhadap 6 juta orang Yahudi dalam Perang Dunia II yang dilakukan oleh Nazi, dengan program nuklir Iran yang kontroversial.

"Seperti Nazi yang berusaha menginjak-injak peradaban dan menggantinya dengan 'sebuah ras yang berkuasa' dengan menghancurkan orang-orang Yahudi, begitu pula Iran yang bertujuan menghancurkan negara Yahudi," katanya, dikutip dari media Inggris, The Independent, Kamis (16/4).

Pernyataan tersebut dilontarkan Netanyahu setelah Iran bersama dengan enam negara besar dunia menyepakati kerangka perjanjian nuklir pada awal April lalu. Perjanjian final rencananya akan disepakati pada 30 Juni mendatang. Israel juga mengecam tindakan Barat yang berjanji akan mencabut sanksi terhadap Iran, sebagai imbalan atas pembatasan aktivitas nuklir Iran. Netanyahu menganggap kesepakatan tersebut merupakan ancaman terhadap keamanan bangsanya.

"Alih-alih menuntut Iran secara signifikan untuk membongkar kemampuan nuklirnya dan mempertimbangkan pencabutan sanksi, enam kekuatan dunia itu malah mengalami kemunduran dan meninggalkan Iran dengan kemampuan nuklirnya yang dapat memperluas pengaruh mereka di Timur Tengah dan seluruh dunia," kata Netanyahu.




Sumber : The Independent
Halaman :
1

Ikuti Kami