Gunakan 2 Bahan Ini Untuk Empukkan Daging
Sumber: shutterstock

Entertainment / 9 April 2015

Kalangan Sendiri

Gunakan 2 Bahan Ini Untuk Empukkan Daging

Lori Official Writer
4396
Kendala yang sering kali ditemui ketika memasak daging adalah tekstur daging yang terasa keras saat dimakan. Sehingga untuk menghindari persoalan itu, daging terpaksa direbus atau dimasak dalam waktu yang cukup lama.

Kabar baiknya, Anda bisa melakukan teknik lain yang lebih simpel dan mudah ini, yakni mengempukkan daging dengan kulit pisang dan daging nanas. Caranya bisa Anda ikuti seperti telah diuraikan di bawah ini:

1. Kulit Pisang                               

Alasan kulit pisang menjadi salah satu bahan yang bisa mengempukkan daging adalah karena kulit pisang memiliki kandungan bahan aktif alami yang mampu menguraikan protein dalam daging sehingga bisa mengempukkan daging lebih cepat. Penerapannya bisa dilakukan dengan langkah ini:

- Pilihlah kulit pisang yang sudah matang.

- Cuci sampai bersih dan masukkan ke dalam panci pemanggang atau oven.

- Masak sampai daging matang, lalu tambahkan kulit pisang kedalam rebusan. Tunggu sampai daging empuk.

2. Parutan Nanas

Nanas yang digunakan untuk hal ini adalah nanas yang masih sangat muda. Dengan ciri, kulit masih berwarna hijau dan baunya masih tercium asam. Nanas yang diparut akan menghasilkan sari nanas yang mengandung zat aktif yang masuk dalam serat daging dan memecah protein di dalam daging sehingga daging lebih mudah empuk dan lembut.

Anda bisa menggunakan parutan nanas ini dengan langkah berikut:

-   Parut nanas hingga halus lalu peras dan ambil sari / ektrak nanasnya.

-   Potong-potong daging kambing terlebih dahulu lalu rendam dalam sari nanas selama 3-5 menit.

-   Cuci daging hingga bersih, lalu siap dimasak.

Tak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama bukan untuk menghasilkan masakan daging yang empuk dengan menggunakan dua bahan sederhana ini. Anda bisa menerapkannya ketika hendak menyajikan menu seperti rendang, daging panggang atau semur. Selamat mencoba!

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami