Icip-Icip 7 Hidangan Khas Paskah di Berbagai Negara
Sumber: Sainsburys-live-well-for-less.co.uk

Entertainment / 2 April 2015

Kalangan Sendiri

Icip-Icip 7 Hidangan Khas Paskah di Berbagai Negara

Lori Official Writer
8141

Paskah menjadi salah satu momentum besar dan sakral bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Hari penebusan yang jatuh pada 3 April 2015 ini tentu saja akan disambut dengan tradisi yang berbeda-beda di berbagai belahan negara, termasuk Indenesia.

Salah satu corak perayaan paskah adalah hidangan yang biasanya disajikan hanya pada hari Paskah. Apa saja ragam hidangan-hidangan paskah yang patut Anda ketahui?

1. Cozonac

Source: romania-to-go.com

Cozonac atau Kozunak (bahasa Bulagria) adalah roti dengan cita rasa manis yang biasanya disajikan pada hari Natal atau Paskah. Cozonac berasal dari Rumania dan dibuat dengan ritual tersendiri, yaitu dengan dimasak pagi-pagi benar di dalam ruangan hangat yang pintu dan jendelanya tertutup. Bentuk cozonac juga terdiri dari berbagai variasi, seperti campuran susu, telur, keju, lemon dan kismis.

2. Simnel Cake

Source: dishmaps.com

Simnel Cake merupakan kue buah cahaya yang dihidangkan saat Paskah di Inggris dan Irlandia. Kue ini punya makna tersendiri, termasuk dengan 11 marzipan bola yang dibuat di atas kue. Hal itu melambangkan 11 murid-murid Yesus Kristus (kecuali Yudas), sedang Kristus sendiri dilambangkan dengan bola yang ditempatkan di pusat kue. Simnel cake menjadi bagian dari tradisi Mothering Sunday, setelah pertama kali dibuat di abad ke 17.

3. Fougasse

Source: www.cbc.ca

Ini merupakan roti paskah dari Perancis dimana bentuknya memiliki banyak lubang yang besar dan memanjang. Roti ini dibuat dengan memakai beberapa adonan, diantaranya tepung roti gandum atau tepung yang sudah dibumbui minyak zaitun dan gula. Roti khas Perancis ini dibuat menyerupai bentuk pohon cemara dan memiliki aromatik yang luar biasa sehingga sudah terkenal kepopularitasnya di seantero Perancis.

4. Domba Panggang

Source: www.pesona.co.id

Hidangan utama di Yahudi ini selalu menyajikan daging domba sebagai daging tradisionalnya untuk dikonsumsi di hari paskah. Biasanya dikonsumsi dengan sayuran segar.

5. Matzo

Source: www.tempo.co

Matzo atau Matza adalah roti tak beragi yang hanya ada saat perayaan paskah. Roti ini terbuat dari air tepung, lalu dipadu dengan telur,anggur dan jus buah. Roti ini biasanya dibungkus dengan kertas di Bnei Brak, Tel Aviv, Israel. Roti ini sengaja dibuat tanpa ragi untuk mematuhi hukum agama Yahudi, bahwa makanan yang dibuat dengan butiran ragi adalah haram.

6. Telur Paskah

Source: www.vemale.com

Paskah identik dengan telur, tidak hanya di Barat tetapi juga di Indonesia. Seperti dibalik maknanya, telur disimbolkan sebagai kebangkitan Yesus. Selain dijadikan sebagai hidangan utama paskah, telur juga menjadi ornamen pelengkap di hari paskah.

7. Hot Cross Bun

Source: www.bbc.co.uk

Hot Cross Bun adalah hidangan yang tak pernah absen saat perayaan paskah di Inggris. Tradisi ini diketahui sudah ada sejak ratusan tahun silam di Inggris. Roti dengan cita rasa manis berbentuk salib ini biasanya disajikan hangat-hangat saat baru selesai dipanggang. Di balik namanya,  hot cross bun diyakini sebagai simbol perlindungan dan keberuntungan.

Sumber : Detik.com/Okezone.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami