BBM Naik, Harga Beras Ikutan Naik

Nasional / 31 March 2015

Kalangan Sendiri

BBM Naik, Harga Beras Ikutan Naik

daniel.tanamal Official Writer
3302
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Harga beras ikut naik setelah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan. Saat ini harga beras naik Rp 500 per kilogram (kg). Harga beras medium di pasar mencapai Rp 9.000 per kg. Sedangkan harga beras premium telah mencapai Rp 11.000 per kg.

Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI), Abdullah Mansuri harga beras pada Sabtu pagi pekan lalu langsung naik karena sentiment kenaikan ongkos distribusi. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga menjelang puasa, jika pemerintah belum mulai mencicil penyaluran distribusi beras ke seluruh daerah di Indonesia. "Kalau ini dibiarkan bukan tidak mungkin harga beras akan naik lagi hingga 30 persen sampai Lebaran," kata Mansuri, Selasa (31/3).

Untuk itu Mansuri menyarankan pemerintah mulai memberikan subsidi BBM untuk distribusi bahan pokok ke seluruh daerah sejak sekarang. Plus, melakukan operasi pasar setiap bulannya.

Pantauan harga di Kementerian Perdagangan, beras medium hari ini harganya Rp 10.113 per kg, lebih murah dibandingkan hari sebelumnya sebesar Rp 10.109 per kg. Kondisi ini berbanding terbalik dengan klaim pemerintah yang akan menjaga harga beras karena produksi padi yang melimpah pada Maret ini



 

Sumber : Kontan
Halaman :
1

Ikuti Kami