7 Tumbuhan Herbal Penurun Berat Badan
Sumber: Dietsehatcantik.com

Gizi & Nutrisi / 27 March 2015

Kalangan Sendiri

7 Tumbuhan Herbal Penurun Berat Badan

Lori Official Writer
5354
Sebagian besar orang melakukan beragam cara berbahaya untuk menghasilkan berat badan ideal dan tak menyadari risiko berbahaya yang ditimbulkan di kemudian hari. Misalnya, minum obat pelangsing, sutik, sedot lemak dan sebagainya. Padahal ada solusi simpel dan aman untuk menurunkan berat badan dengan tumbuhan herbal berikut ini:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera diketahui mampu mempercepat tingkat metabolisme, membantu menstabilkan dan mengurangi indeks massa tubuh. Akan sangat bermanfaat ketika lidah buaya dikonsumsi dalam bentuk jus karena membuat makanan dipaksa keluar dari usus besar lebih cepat.

2. Madu

Madu adalah pemanis alami yang berfungsi untuk mengolah lemak dalam tubuh dan membantunya memproduksi energi. Madu yang kaya akan vitamin dan mineral sangat berguna untuk melarutkan lemak dan kolesterol sehingga membantu menurunkan berat badan. Madu bahkan sangat baik dikonsumsi sebelum beraktivitas karena akan membuat tubuh lebih aktif dan mampu membakar kalori.

Madu bisa dikonsumsi dengan cara memadukan madu dengan segelas air hangat dan menambahkannya dengan kayu manis atau lemon. Madu bisa juga dibuat sebagai lapisan roti untuk sarapan pagi. 

3. Teh Hijau

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh hijau mampu membantu proses penurunan berat badan. Para peneliti menyebutkan bahwa the hijau akan jauh lebih ampuh menurunkan berat abdan apabila dibarengi dengan olahraga teratur. Atur konsumsi the hijau dengan menu diet serta olahraga selama 30 mneit setiap harinya untuk mendapat hasil yang maksimal.

4 Ginseng Siberia

Tak heran bila orang Cina kerap menggunakan ginseng sebagai ramuan untuk beragam penyakit. Tak hanya itu, ternyata ginseng juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Alasannya, ginseng berfungsi untuk membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh dan mengurangi nafsu mengkonsumsi makanan dengan kandungan manis.  

5. Cabai

Kandungan zat capsaicin dalam cabai ampuh membakar lemak dan mengusir nafsu makan yang berlebihan. Seperti yang ditemukan oleh peneliti dari Prudue University, cabai merah sangat efektif menurunkan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mampu membakar kalori yang jauh lebih besar.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung trigliserida yang berfungsi mengubah asam lemak menjadi energi. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan meningkat.

7. Kayu Manis

Meski tak terlalu manis, namun rempah ini dapat bermanfaat untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Penelitian juga menemukan khasiat mutakhir dari kayu manis yang bisa menahan rasa kenyang lebih lama dan mencegah kebiasaan ngemil, sehingga mereka yang tengah menjalankan program diet sangat baik mengkonsumsi kayu manis. Khasiat kayu manis akan jauh lebih besar ketika bahan alami yang satu ini dipadukan dengan madu. Misalnya, mencampurkan kayu manis dan madu ke dalam segelas air hangat.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami