Run All Night, Keberanian Menebus Rasa Bersalah
Sumber: Theaureview.com

Film Review / 26 March 2015

Kalangan Sendiri

Run All Night, Keberanian Menebus Rasa Bersalah

Lori Official Writer
3351
Setelah membintangi Taken (2208), Liam Neeson kembali tampil dalam aksi laga garapan sutradara Jaume Collet-Serra, Run All Night. Film ini berkisah tentang ayah yang gagal, jalinan persahabatan yang hancur dan balas dendam.

Neeson yang berperan sebagai Jimmy Conlon adalah mantan pembunuh bayaran yang bersahabat lama dengan Shawn Maguire (Ed Harris), seorang mafia besar di New York City. Ketika masih muda, keduanya berkecimpung dalam bisnis perdagangan narkoba. Satu-satunya orang yang selalu dekat dan peduli kepada Jimmy adalah Shawn. Namun kisah persahabatan itu berantakan saat keduanya berada dalam kondisi genting ketika di suatu malam Jimmy terpaksa menembak mati putra tunggal Shawn, Danny (Boyd Holbrook) karena berusaha membunuh putranya Mike (Kinnaman). Hal itu menjadi awal dari permusuhan besar antara kedua sahabat lama ini, dimana Shawn terus mengerahkan seluruh kaki tangannya untuk balas dendam kepada Jimmy dan Mike. Di sinilah Jimmy berupaya menyelamatkan nyawa anaknya dari Shawn.

Situasi ini membuat Jimmy berupaya menyelamatkan keluarganya dari buruan para pembunuh bayaran suruhan Shawn. Film ini menunjukkan posisi Jimmy yang serba salah, di satu sisi dirinya harus menjalani hubungan yang tidak akur dengan putranya Mike dan di sisi lain ia masih terus bertarung dengan rasa bersalah atas orang-orang yang telah dibunuhnya di masa lalu.

Meski terkesan hampir mirip dengan alur cerita dari Taken (2008), namun Run All Night memberi pesan kuat soal penyesalan, dunia gelap narkoba dan perspektif tentang kejahatan. Penyesalan Jimmy, misalnya, menggelisahkan dirinya soal penebusan, tidak hanya kejahatan di masa lalunya, tetapi rasa bersalah atas kegagalan sebagai ayah yang baik. Mike yang begitu keras menantang sang ayah kemudian membuka pintu rekonsiliasi dengan Jimmy. Sedang rasa bersalah yang menghantui Jimmy diselesaikan di kantor polisi. Ia menyerahkan dirinya kepada pihak berwenang. Uniknya ia menuliskan nama setiap orang yang sudah dibunuhnya dibalik sebuah Alkitab. Jimmy menyadari bahwa kematian diperlukan untuk menebus segala kejahatannya.


Run All Night (2015)

Sutradara : Jaume Collet-Serra

Produser : Roy Lee, Michael Tadross, Brooklyn Weaver

Penulis Naskah: Brad Engelsby

Genre: Action Thriller

Pemain: Liam Neeson, Ed Harris, Joel Kinnaman, Boyd Holbrook, Bruce McGill, Génesis Rodríguez, Vincent D’Onofrio, Common, Holt McCallany, Malcolm Goodwin, Nick Nolte

Sumber : Movieguide.org/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami