Ingin Sukses Sebagai Animator? Ini Kunci Rahasianya

Career / 6 March 2015

Kalangan Sendiri

Ingin Sukses Sebagai Animator? Ini Kunci Rahasianya

Puji Astuti Official Writer
7962

Industri kreatif mencapai puncaknya di beberapa tahun terakhir ini, mulai dari film, animasi, foto dan berbagai industri media dari layar lebar hingga online. Hal ini membuka kesempatan berkarir dalam bidang seni terbuka lebar, jauh dari yang sebelumnya pernah ada. Salah seorang yang menikmati kesempatan sukses berkarir dibidang seni kreatif ini adalah Zach Parrish, seniman dan pemimpin animator untuk Disney. Dia mengerjakan karakter dalam berbagai film animasi seperti Wrech It Ralph, Tangled dan Big Hero.

"Pengalaman pertama saya terhadap film animasi ketika saya berumur 15 dan menonton Monsters Inc. Ketika saya menonton karakter utama Mike Wazowski dalam film itu saya merakan emosi darinya dan tiba-tiba menyadari bahwa ada nimator dibelakang layar yang menciptakan emosi itu," demikian pernyataan Zach yang dikutip oleh The Guardian.

Walaupun relatif baru dengan dunia film animasi, namun Zach mengaku bahwa sejak kecil ia sudah tertarik dengan animasi. "Ketika teman sekelas saya berkata 'Saya ingin jadi polisi ketika besar nanti!' Saya malah berkata 'Saya mau membuat kartun!' Semua orang memandang saya seperti saya ini orang aneh."

Menurut Zach, industri animasi sangat kompetitif, dan dia merasa beruntung bisa langsung berkarir selepas universitas. Menurutnya banyak seniman yang mengalami masa keraguan pada dirinya sendiri, bahkan dia pun mengalaminya. "Namun saya tidak pernah sekalipun meragukan cinta saya kepada keajaiban animasi," demikian tegasnya.

Nasihat Zach untuk mereka yang ingin berkarir sebagai animator ataupun dibidang seni adalah jangan berhenti berkarya dan teruslah mencoba. "Nasihat utama saya adalah lakukanlah hal itu sebanyak mungkin. Tetaplah mencoba. Kalimat yang saya gunakan adalah 'Jangan takut untuk hasil yang buruk.' Karena dalam karir Anda sebagai siswa - bahkan dalam karir Anda secara umum - Anda akanmembuat animasi yang tidak terlalu bagus. Anda akan menemui jalan buntu. Jika  Anda melakukan sesuatu yang buruk Anda tidah harus berhenti. Anda harus melewatinya. Sebagai siswa saya membuat animasi dua kali lebih banyak sehingga saya mengalami kesempatan untuk gagal dua kali lebih banyak - kita semua masih akan mengalaminya dalam perjalanan ke depan."

Menurut Zach, latihan dan berani gagal adalah kunci untuk berhasil dibidang yang saat ini ditekuninya. Namun semua kegagalan itu akan terbayar ketika melihat hasil karya Anda suatu saat nanti dinikmati banyak orang. Prinsip yang Zach ungkapkan tidak hanya berlaku di bidang industri seni animasi, namun disemua bidang. Jadi, jika Anda mengejar keberhasilan di karir Anda saat ini, teruslah berlatih dan mencoba dan jangan takut gagal.


Sumber : The Guardian | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami