Konas ABBG 2015, Ketika Anak Menghadapi Gelombang Media

Parenting / 4 March 2015

Kalangan Sendiri

Konas ABBG 2015, Ketika Anak Menghadapi Gelombang Media

bagusp Official Writer
2435
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Para ahli membagi generasi menurut tahun kelahirannya dengan perilaku yang berbeda dalam beberapa kategori :

-          Maturist ( lahir sebelum 1945 )

-          Baby Boomers ( 1945-1960 )

-          Generation X ( 1961-1980 )

-          Generation Y ( 1981-1995 )

-          Generation Z ( 1995-2009 )

Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, dengan harapan dan gaya hidup yang berbeda. Hal yang menarik adalah bahwa generasi Y dan Z mempunyai gaya hidup yang sangat dipengaruhi oleh media.

Mark Mcclendon yang juga adalah pemimpin CBN menyebutkan bahwa media dan teknologi adalah gelombang tsunami yang menghantam generasi ini. Media dan teknologi sangat mempengaruhi dan membuat generasi Y dan Z mempunyai perilaku yang sangat connected dengan media. Riset menyatakan bahwa facebook adalah “negara kedua terbesar” jika dia adalah negara. Jakarta adalah kota tersibuk dalam twitter, orang menghabiskan waktu banyak sekali yaitu 150 kali dalam sehari untuk melihat handphone mereka.

Lebih lanjut Mark menyatakan bahwa jika gereja kehilangan momentum dan tidak menyadari hal ini maka gereja akan kehilangan generasi ini. Anak-anak muda lebih menyukai gadget mereka daripada bernteraksi dengan orang tua mereka, anak lebih mudah berekspresi dengan sosial media daripada mengembangkan kehidupan sosial di dunia nyata.

“Ini adalah gelombang stunami yang pertama dan akan ditunggangi oleh gelombang yang lain seperti ideologi, agama baru tapi lama dan lain sebagainya.” tegas pria yang dikaruniai 3 orang anak ini.

Pembicara lainnya juga menyatakan hal senada bahwa upaya untuk menanggulangi pengaruh media kepada anak bukanlah dengan menutup akses terhadap media, melainkan melakukan edukasi dan pengawasan terhadap akses internet oleh anak.

Konas ABBG “Future Impact 2” saat ini masih berlangsung di Hotel New Saphir Yogyakarta  dari tanggal 3-6 Maret 2015.

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN ZH-TW AR-SA </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami