Keamanan Vatikan Siaga Satu Hadapi Ancaman ISIS

Internasional / 4 March 2015

Kalangan Sendiri

Keamanan Vatikan Siaga Satu Hadapi Ancaman ISIS

daniel.tanamal Official Writer
4241
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Menanggapi ancaman dari gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terhadap Paus Fransiskus, pihak keamanan Vatikan dikabarkan dalam kondisi siaga. Kepala keamanan Vatikan, Domenico Giani menandaskan bahwa meskipun ancaman itu dinilai serius, namun hingga saat ini belum terlihat rencana serangan terhadap kepala otoritas Katolik Roma sedunia tersebut.

Ancaman itu ada. Ini yang muncul dalam pembicaraan dengan Pemerintah Italia dan kolega-kolega asing lainnya. Namun, saat ini saya bisa katakan kami belum mengendus adanya rencana konkret untuk menyerang Vatikan atau Bapa Paus," kata Giani, kepada majalah kepolisian Italia, Polizia Moderna,” Senin (2/3/2015).

Saat ini keamanan Vatikan hanya mempunyai 1 0 anggota yang melindungi Vatikan dan Paus Fransiskus. Akan tetapi, Giani juga dapat menggerakan pasukan Garda Swiss yang siap membantu. Selain itu, di luar tembok Vatikan, terdapat kepolisian Italia yang siap siaga. Termasuk juga 20 orang agen yang sudah mendapatkan pelatihan anti-teror dan selalu mendampingi Paus Fransiskus saat melawat ke luar negeri.

Seperti diketahui, dalam sebuah videonya, ISIS melakukan ancaman terhadap Kota Roma Italia. Dimana Vatikan, kemungkinan yang menjadi targetnya. "Keselamatan adalah satu-satunya hal yang bisa kalian harapkan. Kami akan menaklukkan Roma," kata seorang anggota gerombolan teroris ISIS dalam video pemenggalan 21 warga Koptik Mesir di Tripoli Libya



Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami