Sebelum Memilih Situs Jual Beli Online
Sumber: Google

Entrepreneurship / 4 March 2015

Kalangan Sendiri

Sebelum Memilih Situs Jual Beli Online

Theresia Karo Karo Official Writer
4347
Tren belanja online masih menjadi ‘primadona’ di Indonesia. Hal ini terlihat dengan kehadiran beragam situs jual beli online atau online marketplace di Indonesia. Sebut saja Kaskus, OLX, Berniaga, Elevania, Qoo10, dan lainnya.

Keberadaan online marketplace pasalnya semakin memudahkan para pebisnis dalam memasarkan barang dagangannya. Dengan alasan, tersedianya pembeli dan para penjual hanya tinggal memasang barang di etalase. Untuk itu sebelum anda memilih situs jual beli online, berikut tiga hal yang bisa dijadikan pertimbangan:

Pahami latar belakang dan reputasi
Meskipun banyak, namun hal ini tidak lantas menjamin semua situs jual beli memiliki latar belakang dan reputasi yang baik. Pelajari sistem dan pengalaman dari para pengguna sebelumnya.

Apakah fitur yang disediakan sudah sesuai kebutuhan?
Fitur tentu berperan penting dalam promosi produk anda. Tidak hanya itu, keberadaan fitur juga dapat dijadikan salah satu cara membuat toko online yang semakin memudahkan penjual untuk berjualan.

Jangan lupa untuk tetap memantau transaksi
Setelah anda memasang barang di situs jual beli online, jangan terlena. Tetap kontrol setiap transaksi. Hal ini dapat menjadi ukuran, apakah anda telah  mencapai target pasar yang diinginkan atau tidak.

Konsep marketplace sendiri secara umum sama seperti pasar tradisional. Dimana banyak orang yang berkumpul pada satu tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Situs jual beli online ini bertindak sebagai fasilitator yang mewadahi pertemuan dan transaksi antara penjual dan pembeli.

Bagi para pemula bisnis online, marketplace dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk menjawab masalah keterbatasan modal dan menyimpan stok barang yang beraneka ragam. Lantas, sudahkah anda menemukan marketplace yang cocok untuk bisnis anda?

Sumber : Readersdigest/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami