5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Puasa
Sumber: Google

Kata Alkitab / 3 March 2015

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Puasa

Tiurma Ida Purba Official Writer
6889

Puasa dalam kekristenan bertujuan untuk menghasilkan pertobatan. Ketika Anda berpuasa, Anda harus melawan keinginan daging. Keinginan daging adalah hawa nafsu manusia. Lalu apa saja, hal-hal yang wajib dilakukan saat Anda berpuasa:

1.  Berhenti Berbuat Dosa

Yesaya 58 : 4 : Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul  dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan di dengar di tempat tinggi.

Karena puasa itu bertujuan untuk menghasilkan sebuah pertobatan dan menunjukkan kesungguhan kepada Tuhan. Maka, Tuhan ingin memerintahkan untuk setiap orang yang berpuasa berhenti berbuat dosa. Memang tidak mudah, namun mintalah kekuatan kepada Roh Kudus untuk tetap dalam perkenaan Tuhan.

2.  Membaca firman Tuhan, berdoa dan mendengarkan suara Roh Kudus.

Lukas 2:37 : Dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.

Saat Anda berpuasa, masuklah ke dalam kamar dan berdoalah. Cobalah untuk mendengar suara Tuhan. Apa yang Tuhan inginkan untuk hidup Anda? Setelah berdoa, Anda dapat membaca dan merenungkan firman Tuhan. Tuhan dapat juga berbicara melalui firman Tuhan yang Anda baca.

3.  Tidak melakukan sesuatu pekerjaan berat atau tidak melakukan pekerjaan sama sekali.

Yesaya 58:3 : “ Mengapa kamu berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu”.

Firman Tuhan berkata dalam berpuasa, Anda tidak melakukan pekerjaan berat atau tidak melakukan pekerjaaan sama sekali. Tuhan ingin ketika Anda berpuasa, Anda fokus kepada Tuhan dan tetap selalu bersekutu kepadaNya.

4.   Lamban untuk berkata-kata

Yakobus 1:19 : Hai saudara-saudara yang ku kasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi puasa sejati adalah belajar untuk menguasai diri. Salah satunya dengan menahan emosi dan lambat untuk berkata-kata. Mengekang lidah tidak mudah, namun cobalah untuk tetap melakukan ini untuk melatih diri.

5.   Melayani Orang Lain.

Yakobus 58:6 : Bukan! Berpuasa yang Ku kehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk.

Tuhan yang menjadi teladan kita, Dia sudah lebih dahulu datang untuk melayani Anda. Maka dari itu, Tuhan ingin dalam keadaan puasa pun, Anda tetap bisa melayani orang lain. Untuk menjadi yang terbesar, Anda harus melayani sesama.

Saat Anda berpuasa, mintalah penyertaian Tuhan agar Anda dapat melakukan 5 hal ini. Bukan dengan kekuatan, tapi Roh Tuhan. Jika Anda mengandalkan kekuatan Anda sendiri, Anda tidak akan mampu. Maka dari itu, tetaplah memiliki iman. Tuhan memberkati.

Sumber : artihidup.com I jawaban.com by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami