5 Larangan Saat Gunakan Smartphone

Entertainment / 28 February 2015

Kalangan Sendiri

5 Larangan Saat Gunakan Smartphone

Lori Official Writer
3161
Smartphone menjadi barang teknologi yang sudah sangat akrab di kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa smartphone sudah menjadi teman sejati setiap orang lantaran dapat menunjang aktivitas sehari-hari para penggunanya.

Namun, tanpa disadari hal itu mengakibatkan kecanduan bagi para penggunanya. Dari itu pula penting untuk mengetahui 5 larangan yang sepatutnya dihindari para pengguna smartphone, seperti :

1. Ketergantungan

Ketergantungan terhadap smartphone bukan perkara baru lagi. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana kehadiran smartphone yang semakin membuat setiap pengunanya mendapatkan kemudahan, baik dalam hal informasi maupun keperluan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, penggunaan GPS di smartphone. Ketergantungan membuat pengguna smartphone tak bisa leluasa tanpa gadget.

2. Cek notifikasi

Notifikasi smartphone yang diaktifkan secara otomatis tentu saja akan menjadi satu gangguan. Apalagi pengguna memang aktif dalam berbagai akun sosial media. Dengan itu, penting bila Anda tidak mengaktifkan notifikasi otomatis yang tersambung ke smartphone Anda  

3. Ragu membeli aplikasi penting

Google Play menjadi aplikasi penyedia fitur-fitur yang bisa dipasang di smartphone, ada yang gratis dan ada pula yang menggunakan sistem berbayar. Para pengguna iOS dan Android bahkan kerap menjadi korban atas masalah ini, sebab mereka akan jauh lebih memilih aplikasi gratis. Sementara abai dan ragu membeli aplikasi berbayar yang penting dan berharga untuk melindungi smartphone, semisal anti virus  untuk menangkal serangan virus.

4 Settingan privasi tidak diatur

Sebagian besar pengguna smartphone menyimpan informasi-informasi penting dan data pribadi di smartphone. Sehingga menjadi sangat riskan apabila suatu ketika ponsel pintar dicuri atau hilang. Besar kemungkinan bila pelaku membongkar seluruh data pribadi di dalam smartphone. Hal tersebut tentu merugikan Anda sehingga pengguna patut melindunginya dengan password atau remote wipe.    

5. Memakai smartphone sembari berkendara

Tak sedikit dari aktivitas lalu lintas tergangu akibat adanya kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan smartphone saat berkendara. Statistik menunjukkan bahwa aktivitas ini lebih berbahaya daripada mengemudi dalam keadaan mabuk. Mengirimkan pesan singkat atau SMS atau ngobrol saat tengah mengemudi sangat dilarang keras. Ada baiknya bila memanfaatkan fitur asisten pribadi seperti Siri pada iPhone untuk melakukan voice text saat mengetik SMS. Atau menepi sejenak waktu untuk menerima panggilan yang patut dijawab dengan segera.

Sebagai pengguna smartphone, sudahkah kita mematuhi lima larangan di atas? Meskipun smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan, namun ada baiknya bila tetap menggunakan ponsel pintar Anda sesuai dengan tempat dan waktu yang tepat.

Sumber : Liputan.6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami