Resep Mencegah Sayuran Hijau Berubah Cokelat
Sumber: Vemale.com

Entertainment / 5 February 2015

Kalangan Sendiri

Resep Mencegah Sayuran Hijau Berubah Cokelat

Lori Official Writer
7519
Sayur hijau kaya dengan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh seperti magnesium, lutein dan zat besi. Sehingga sangat dianjurkan untuk dimakan dalam kondisi segar terutama saat sayuran mentah. Namun tak semua orang suka lalapan mentah, sehingga tak jarang sayuran hijau dikonsumsi dengan cara dimasak atau ditumis terlebih dahulu.

Memasak sayur tanpa kehilangan nutrisinya juga membutuhkan teknik loh. Sebab salah menerapkan resep memasak justru hanya akan menghilangkan nutrisi dari sayur hijau itu sendiri. Faktanya, banyak sayur hijau yang dimasak malah bsia berubah warna menjadi cokelat karena tidak menerapkan teknik memasak yang benar. Nah, agar sayur hijau tetap sehat dikonsumsi dengan cara dimasak, Anda bisa menerapkan beberapa resep sederhana ini:

1. Cuci bersih sayuran

Sebelum memasak atau merebus sayuran, pastikan sayuran sudah dicuci bersih untuk menghilangkan kuman atau kotoran yang menempel di dalamnya. Ada baiknya bila dicuci dalam air garam.

2. Potong sayur dalam ukuran besar

Memasak sayuran dalam potongan besar akan membuat makanan jauh lebih tahan terhadap suhu air panas. Sebaliknya, ketika sayuran dipotong terlalu kecil, potongan-potongan itu akan terkena lebih banyak air panas sehingga bisa mengubah warna dan menghilangkan nutrisi di dalamnya.

3. Gunakan bumbu sederhana

Saat menumis, mengukus atau merebus sayuran, gunakan bumbu sederhana seperti bawang merah atau putih yang dicincang dan digoreng. Lalu gunakan pula garam atau merica untuk menambah rasa dan aromanya agar tidak hambar.

4. Masak sayur dalam air mendidih

Bila Anda menumis sejenis kangkung atau buncis, pastikan tidak lebih dari 3-4 menit. Lalu tutup sebentar sekitar 2 menit. Sedang bila Anda merebus sayuran hijau, maka didihkan terlebih dahulu air lalu masukkan sayuran. Masak sayur sekitar 2-3 menit saja. Sesudah itu angkat, tiriskan dan segera rendam dalam air es. Hal ini bertujuan untuk mencegah perubahan warna hijau menjadi cokelat.

Demikian tips memasak sayur hijau yang dapat disajikan Jawaban.com kepada Anda. Selamat menyajikan dan menyantap  sayuran hijau yang sehat dan bernutrisi.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami