Wisata Unik yang Perlu Anda Tahu di Taman Nasional Baluran
Sumber: Klikbanyuwangi.com

Travel / 29 January 2015

Kalangan Sendiri

Wisata Unik yang Perlu Anda Tahu di Taman Nasional Baluran

Lori Official Writer
4598
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan di Pulau Jawa. Terletak di wilayah Benyuputih, Situbondo, tepat berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi. Nama Baluran diambil dari gunung yang berada di kawasan ini yaitu gunung Baluran. Taman ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi pecinta flora dan fauna karena kaya dengan beragam jenis satwa dan tumbuh-tumbuhan. Tak hanya itu, Baluran yang cenderung kering menawarkan hamparan savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai dan hutan rawa yang begitu menawan.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran, para wisatawan akan diajak untuk menyusuri berbagai keunikan yang ada di sana diantaranya:

#1 Detak Nadir Kehidupan di Padang Liar  

Pagi adalah waktu yang tepat untuk mengamati detak kehidupan satwa liar Baluran. Burung-burung akan mengembara dari pohon ke pohon. Saat musim kemarau, sejumlah satwa liar akan datang mencari kubangan tempat genangan air. Hanya butuh kesabaran untuk mesnyaksikan beragam tingkah polah satwa-satwa tersebut.

Sedang saat musim hujan, hewan sulit ditemui karena sumber air lebih menyebar. Vegetasi yang rimbun juga menyamarkan kawanan satwa liar. Padang rumput yang terhampar luas dengan pepohonan yang jarang menjadi tempat tepat para pengunjung mengamati satwa-satwa tersebut. Tiada yang lebih nikmat selain mengamati setiap sudut padang belantara yang dipenuhi oleh beragam jenis satwa-satwa liar di Baluran.

#2 Kemeriahan monyet-monyet ekor panjang di kawasan Bekol

Kawasan pantai di timur padang Bekol adalah tempat bagi satwa liar sebagai tempat bermigrasi selama kemarau yang panjang. Di sana terdapat pantai Bama sebagai sebuah sumber air. Pemandangan yang tak kalah seru di sekitar itu adalah tingkah polah monyet-monyet ekor panjang. Saat air laut surut, monyet ekor panjang menggerayangi perairan dangkal. Mereka memulung kepiting ataupun kerang. Keberadaan monyet-monyet ini membuat para wisatawan waspada dengan segala barang bawaannya karena bisa-bisa akan mengincar bawaan siapapun, tanpa pandang bulu.

#3 Menikmati Pesisir Baluran

Pemandangan alam pesisir di timur-utara Baluran adalah sisi keindahan lain yang tersembunyi. Keindahan ini bisa dipandang dari atas perahu yang berangkat menuju pantai Bama. Panorama dari perairan Selat Bali membentangkan hijau mangrove, tebing kapur menjulang, yang berlatar belakang Pegunungan Baluran. Bukit-bukit berselimut padang rumput, dengan pepohonan yang tersebar acak.

#4 Harmoni hidup masyarakat

Beternak menjadi detak kehidupan masyarakat di kampung Merak. Rumput yang berlimpah di sisi utara taman nasional membentuk peternakan kambing dan sapi.Setiap pagi, ribuan sapi beranjak merumput ke sabana taman nasional. Di depan rumah pemilik ternak bahkan penuh berjejer dengan kandang-kandang sapi.

Demikian sebagian besar keunikan wisata yang ditawarkan Taman Nasional Baluran. Kontribusi besarnya sebagai rumah bagi satwa dan tumbuhan, menjadi pertimbangan bahwa Taman Nasional Baluran layak untuk dilestarikan dan diberi perhatian khusus dari pemerintah.

Sumber : National Geographic Magazine/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami