Networking, Kunci Untuk Meningkatkan Karir Anda

Career / 23 January 2015

Kalangan Sendiri

Networking, Kunci Untuk Meningkatkan Karir Anda

Puji Astuti Official Writer
3912

Akan tiba saatnya dimana mencari kerja dengan melihat iklan di koran atau bahkan melalui perusahaan rekrutmen. Dengan meningkatnya fungsi sosial media, perusahaan memiliki sumber tenaga kerja tak terbatas. Namun tetap ada aturan penting yang masih berlaku, "Ini bukan tentang apa yang Anda tahu, tetapi siapa yang Anda tahu."

Dalam persaingan yang ketat di dunia kerja, jaringan atau networking masih menjadi salah satu strategi kunci bagi Anda untuk mencari kerja. Banyak orang mendapatkan pekerjaan melalui jaringan pertemanan atau bekas teman kerja. Jadi, apakah Anda sudah tahu bagaimana memaksimalkan jaringan pertemanan Anda untuk memaksimalkan peluang Anda dalam berkarir? Jika belum, simak tips berikut ini :

1. Percaya diri

Kepercayaan diri Anda dapat dengan mudah dibaca oleh orang-orang yang Anda temui. Untuk itu selalu berdiri tegap dan tersenyum, sekalipun mungkin Anda gemetaran di dalam, namun Anda akan lebih mudah membangun jaringan jika Anda terlihat percaya diri. Lakukan perkenalan yang sederhana dengan menyebutkan nama Anda dan biarkan perbincangan mengalir. Namun jangan menghabiskan waktu dalam sebuah acara hanya berbicara dengan satu orang, tapi melompatlah dari satu orang ke orang lain dengan anggun.

2. Apa pekerjaan Anda?

Pertanyaan ini seringkali muncul saat berkenalan, dan biasanya jawabannya sederhana, sebagai contoh karyawan, manager, atau fotografer. Namun akan lebih baik jika Anda menjelaskan pekerjaan Anda dengan lebih detail seperti, "Saya membantu pasangan yang akan menikah untuk membuat foto pre-wedding dan pernikahan yang mengesankan." Dengan penjelasan seperti itu akan membuat orang lebih mudah untuk membuka diri dan melakukan pembicaraan lebih detail tentang apa yang ia lakukan.

3. Ajukan pertanyaan

Jika Anda tidak suka bicara tentang diri Anda sendiri, maka carilah seseorang dan ajukan pertanyaan yang membantu Anda untuk lebih mengenalnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan mendengarkan. Cobalah ajukan pertanyaan seperti, "Projek apa yang sedang Anda kerjakan saat ini?" atau "Perusahaan saya akan melakukan pelatihan managemen, apakah Anda punya pengalaman tentang hal ini?"

4. Jam terbang

Akan menjadi semakin mudah membangun hubungan dengan tatap muka. Semakin banyak event yang Anda hadiri, maka wajah Anda semakin dikenal. Semakin Anda dikenal, maka kesempatan yang datang kepada Anda semakin tinggi. Jadi, jangan menganggap enteng untuk bersosialisasi.

5. Lakukan riset

Lakukan riset siapa yang akan hadir dalam sebuah event yang akan Anda datangi. Identifikasi orang-orang kunci yang ingin Anda kenal. Jika Anda ingin menginvestasikan waktu untuk hadir dalam sebuah acara pastikan Anda tahu apa yang Anda ingin dapatkan, yaitu bertemu dengan orang-orang yang bisa membantu Anda kedepan nanti.

6. Lakukan tindak lanjut

Jika Anda berhasil membangun koneksi dengan seseorang dan berjanji untuk menindaklanjutinya, pastikan hal itu terjadi secepatnya. Undang dia untuk minum kopi, atau kirimkan email yang menyatakan bahwa Anda senang bertemu dengannya dan berharap bisa dapat bertemu dalam acara yang lain. Jika Anda melakukan hal ini dalam setiap acara yang Anda hadiri, percayalah dalam waktu singkat Anda memiliki network yang luas dan kuat.

Bagi Anda yang sulit untuk membangun hubungan, jadilah berani dan keluarlah dari zona aman Anda, percayalah hasilnya akan setimpal.

Sumber : Huffingtonpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami