Tips Jitu Hemat Kuota Internet Smartphone
Sumber: Blogspot.com

Entertainment / 20 January 2015

Kalangan Sendiri

Tips Jitu Hemat Kuota Internet Smartphone

Lori Official Writer
4209
Para pengguna smartphone barangkali kerap kesal karena kuota internet pada smartphone seringnya ludes tanpa sebab, padahal baru saja mengaktifkan paket data unlimited.

Salah satu penyebabnya mungkin adalah gaya pemakaian atau akses data pada smartphone yang sangat berpengaruh pada jumlah kuota internet yang tersedia. Misalnya, berselancar di Youtube atau live streaming yang memiliki kapasitas data yang cukup besar. Wajar saja bila kuota internet akan mudah terkuras bila masih menerapkan gaya pemakaian demikian.

Jadi agar tak lagi kehabisan kuota internet, Anda perlu berhemat dan menyiasati penggunaannya dengan cara berikut:

Hindari pengundahan video dan pemasangan streaming

Youtube, streaming musik, game online, chat via Skype atau Facechat adalah penyerap paling ‘kejam’ kuota internet. Bayangkan bila kuota internet hanya 1 GB per bulan, dan pengguna harus mengunggah dan memakai kuota tersebut untuk layanan online dan streaming. Bisa jadi dalam hitungan menit kuota segera habis. Ada baiknya bila berencana mengundah dan memasang video dan streaming dengan menggunakan jaringan WiFi saja, simpan video dan streaming ke file secara offline.

Nonaktifkan koneksi internet saat tidak digunakan

Salah satu cara menghemat koneksi internet adalah menonaktifkan koneksi internet saat tidak digunakan. Misalnya, pada malam hari sewaktu tidur untuk mengurangi notifikasi yang masuk dari akun-akun pribadi yang tentunya cukup menguras kuota, selain itu juga akan sangat menghemat baterai smartphone.

Nonaktifkan Auto-Update Google Play Store

Pengguna barangkali kurang memperhatikan yang satu ini. Karena secara default pilihan auto-update tercentang akan memberi kesempatan kapan saja bagi data-data dalam smartphone untuk ter-update secara otomatis sehingga akan sangat menguras kuota internet.

Gunakan Jaringan WiFi

Hal paling hemat bagi pengguna smartphone adalah mengandalkan ketersediaan jaringan WiFi dimana pun untuk berselancar ke dunia maya. Ponsel yang sangat mendukung hal ini tentunya jenis ponsel yang dilengkapi dengan WiFi. Pengguna dapat melakukan percakapan menggunakan jaringan WiFi untuk panggilan berbasis aplikasi chatting seperti Skype, Line, dan lainnya.

Selain terhindar dari rasa kesal, sebagai pengguna smartphone juga diharapkan berhemat dan bisa meminimalisasi pemborosan biaya untuk kebutuhan internet.

Sumber : Itekno.co.id/Okezone.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami