Jonan : Masak Harga Tiket Pesawat Lebih Murah Dari Kereta
Sumber: Kompas Images/ Roderick Adrian Mozes

Nasional / 9 January 2015

Kalangan Sendiri

Jonan : Masak Harga Tiket Pesawat Lebih Murah Dari Kereta

Puji Astuti Official Writer
4877

Tekad pemerintah untuk membatasi harga tiket pesawat terbang sudah bulat, hal ini ditunjukkan dengan ditandatanganinya aturan tarif batas bawah untuk penerbangan domestik. Dengan aturan ini maka tiket penerbangan domestik sekurang-kurangnya 40 persen dari tarif batas atas, karenanya tidak akan ada lagi harga tiket di bawah 500 ribu rupiah.

"Menurut saya, yang enggak sehat industrinya (maskapai penerbangan murah)," demikian pernyataan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang dikutip oleh Tribunnews.com, Kamis (8/1/2015).

Bahkan Jonan membandingkan harga tiket pesawat yang lebih murah dari harga tiket kereta, hal itu membuat mantan Direktur PT KAI itu mempertanyakan bagaimana maskapai bisa tidak merugi. Menurutnya itu bisa membahayakan jika akhirnya maskapai melakukan penghematan dengan menekan biaya perawatan.

Untuk itulah pemerintah memberlakukan peraturan tarif batas bawah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 91 tahun 2014 Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas Penumpan Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Walau demikian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Mohamad Alwi menampik adanya anggapan bahwa peraturan ini berkaitan dengan tragedi jatuhnya pesawat AirAsia Indonesia QZ8501. Menurut Alwi peraturan ini muncul karena pemerintah melihat kenaikan harga komponen-komponen pesawat karena kurs dolar saat ini. Jika sudah begini maka, selamat tinggal tiket murah...

Sumber : Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami