Susun Rencana Investasi Anda dengan Konsep SMART

Investment / 25 December 2014

Kalangan Sendiri

Susun Rencana Investasi Anda dengan Konsep SMART

daniel.tanamal Official Writer
6051
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Sahabat, apakah saat ini anda sedang merencanakan untuk berinvestasi? Rudiyanto, Head of Operation & Business Development PT Panin Asset Management mempunyai sebuah konsep yang akan membantu anda mempunyai perencanaan investasi yang kapabel dan sukses.

Konsep bernama SMART itu merupakan akronim dari Spesific, Measurable, Attainable, Realistic, Time Bound populer sebagai konsep manajemen secara umum untuk mencapai suatu tujuan. Berikut adalah penjelasannya.

Dalam perencanaan investasi, yang dimaksud dengan spesific adalah menetapkan tujuan investasi yang jelas. Misal, membiayai pendidikan anak di universitas dalam negeri, di program studi kedokteran.

Sedang measurable berarti tahapan pencapaian tujuan bisa dikuantifikasi. Misal, harus ada penetapan nilai yang akan diinvestasikan per periodenya, seperti per bulan. Atau, ada target nilai di waktu tertentu.

Attainable dan realistic berkaitan satu sama lain. Tak jauh berbeda dengan arti harafiahnya, attainable, mengharuskan kita untuk menyusun rencana yang bisa dicapai. Jadi, penetapan tujuan di masa depan itu mau tak mau harus disesuaikan dengan kondisi di masa kini.

Konsep realistic menyarankan hal yang sama. Ia bisa dipergunakan saat kita memilih instrumen investasi untuk mencapai tujuan. Realistis juga bisa berarti Anda sedikit banyak harus paham tentang konsep Time Value of Money, alias nilai waktu dari uang, saat menyusun rencana investasi. Konsep nilai waktu dari uang itu terbagi atas present value atau nilai uang di masa kini, dan future value alias nilai di masa depan.

Present value dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat saat kita menghitung beban cicilan kredit. Sedang Future Value cocok digunakan untuk menghitung nilai aset di masa mendatang. Misal, kita ingin tahu berapa nilai saldo tabungan berjangka kita, setelah menabung sekian rupiah selama sekian tahun.

Sedang, time bound mengharuskan kita memasukkan dimensi waktu dalam perencanaan investasi. Kapan tujuan itu harus tercapai? Tentu, itu tidak lepas juga dari kapan rencana investasi digulirkan.

Rencana investasi yang sudah Anda garap dengan cermat itu, juga akan sia-sia kalau Anda tidak konsisten untuk menjalankannya. Nah, strategi termudah untuk tetap fokus dalam mencapai tujuan investasi adalah melakukan cost averaging. Strategi yang menempatkan uang dalam nilai yang sama, secara konsisten setiap periode, katakanlah, per bulan, terutama cocok bagi Anda yang memilih reksadana sebagai instrumen investasi.



Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami