Ampuhnya Pelukan dan Ciuman Ibu Bagi Pemulihan Bayi
Sumber: Babygizmo.com

Health / 24 December 2014

Kalangan Sendiri

Ampuhnya Pelukan dan Ciuman Ibu Bagi Pemulihan Bayi

Lori Official Writer
5719
Lagu ‘Kasih Ibu Kepada Beta’ mengungkapkan bagaimana peran seorang ibu tak terlepas dari proses tumbuh kembang sang anak sejak dalam kandungan hingga bertumbuh dewasa. Begitu pula dengan yang Anda ketahui bahwa kontak fisik dari ibu membantu bayi prematur yang merasakan sakit dan stres menjalani proses medis, begitu hasil penelitian para ahli dari Kanada.

Senada dengan itu, jurnal BMC Pediatrics, tim dari McGill University juga mengungkapkan bahwa sentuhan atau kontak kulit ibu dengan bayi sangat membantu proses pemulihan. Namun, tahukah Anda bahwa pelukan ibu juga menjadi salah satu cara untuk menenangkan sang bayi ketika sedang gelisah dan menangis rewel. Bayi akan merasa tenang dan nyaman ketika berada dipelukan sang ibu. Mendekap bayi erat-erat dan membuatnya tenang sama seperti saat bayi tengah meringkuk di rahim ibu.

Berikut beragam manfaat pelukan ibu bagi bayi:

- Merangsang perkembangan sel otak

- Mengurangi stres

- Merangsang rasa kantuk

- Membangun konsep diri anak yang positif

- Mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas dan frustrasi

- Mengatasi rasa takut, dan

- Transfer energi

Sementara ciuman ibu ampuh meningkatkan kekebalan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini sudah diuji secara ilmiah lewat penelitian yang dipimpin oleh Dr Tagg pada tahun 2010 silam. Ibu yang mencium bayinya secara otomatis akan ‘menularkan’ bakteri tertentu yang membantu menguatkan sistem kekebalan tbuh anak terhadap demam dan infeksi telinga.

Ciuman menjadi bentuk kasih sayang ibu kepada bayinya. Selain menyehatkan juga dapat mengikat hubungan yang semakin erat antara ibu-anak. Sama seperti aktivitas menyusui dan menimang, memberikan kasih sayang dengan cara mencium mempererat kontak batin antara ibu dan anak.

Sudahkah para ibu menunjukkan kasih sayang kepada sang buah hati dengan pelukan dan ciuman hangat? Mulailah mengajarkan anak-anak Anda tentang kasih sayang melalui cinta dan perlakuan Anda yang menyembuhkan sejak dini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami