Rohani Terasa Kering? Ini Penangkalnya

Kata Alkitab / 16 December 2014

Kalangan Sendiri

Rohani Terasa Kering? Ini Penangkalnya

bagusp Official Writer
7885

Rom 12:11

"Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”

Jatuh cinta berjuta rasanya, apalagi cinta mula-mula yang kita rasakan ketika pertama kali menerima Tuhan sebagai Juru Selamat kita, roh kita menyala-nya dan hati kita berkobar-kobar  untuk melayani Tuhan setiap waktu, bahkan kita berani membayar harga untuk berkorban melakukan apa saja untuk Tuhan. Tetapi, apakah itu tetap berlanjut hingga saat ini ? Apakah roh kita masih menyala-nyala seperti dahulu ? Apaka kita masih rajin melayani  dan membayar harga ? Jika tidak, berarti roh kita mulai padam.

Hal apa saja yang bisa membuat roh kita mulai padam ?

Permasalahan

Permasalahan akan selalu hadir dalam kehidupan kita dan tidak bisa kita pungkiri hal ini akan menjadi faktor utama untuk menjadikan roh kita padam. Ketika permasalahan datang pada umumnya kita akan terlalu sibuk untuk memikirkan jalan keluar dan mulai melupakan Tuhan sehingga hubungan kita kendor dan roh kita pun mulai padam. Padahal dengan jelas Tuhan memberitahukan untuk untuk tidak khawatir dengan permasalahan yang ada karena Tuhan tidak akan memberi percobaan melebihi kemampuan kita. Permasalahan hadir bukan ntuk menjadikan kita lemah tapi menjadikan kita lebih kuat dibandng sebelumnya.

Markus 4:19

”lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.”

Zona Nyaman

Zona nyaman adalah keadaan dimana semua dalam keadaan baik, memang ini keadaan yang membuat kita merasa bahagia karena kita merasa tidak ada yang perlu kita khawatirkan, tapi ketika kita terlalu terlena dalam zona ini kita akan mulai melupakan sang pemberi berkat-berkat, yaitu Tuhan Yesus. Ketika kita berada dalam masalah kita rajin berdoa, datang sama Tuhan, meminta jalan keluar. Lalu ketika ada dalam zona nyaman pada umumnya kita mulai lupa untuk berdoa, lupa untuk merenungkan firman Tuhan karena semua dalam keadaan yang baik, seakan-akan kita sudah tidak butuh Tuhan. Percayalah jika kita tetap seperti itu, roh kita akan segera padam.

 

Lalu, cara yang tepat untuk membuat roh kita tetap menyala, adalah:

 

Memberikan roh kita “Makanan”

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang diberikan makanan bergizi. Begitu pula dengan roh kita memerlukan makanan yang bergizi, seperti: Firman Tuhan, buku-buku rohani yang membangkitkan semangat, lagu-lagu rohani dan video-video kesaksian, renungan-renungan. Di zaman teknologi yang maju bukan menjadi alasan lagi jika kita tidak sempat memberikan makanan kepada roh kita karena kesibukan kerja dan pelayanan karena makanan rohani bisa kita temukan dibagai media online, aplikasi-aplikasi hp. Gunakan cara yang kreatif untuk menyempatkan diri memberi makan roh kita, contoh: Menyimpan aplikasi-aplikasi alkitab, audio alkitab, video-video kesaksian atau khotbah online ke dalam gadget kita sehingga kita bisa merenungkannya entah sedang di kendaraan pribadi, kendaraan umum, dll. Jangan berikan kesempatan untuk roh kita menjadi padam.

Mengambil tindakan untuk terus melayani Tuhan dengan talenta kita

Manusia diciptakan secara unik termasuk dalam hal talenta yang Tuhan berikan masing-masing kepada anak-anak-Nya, dalam artikan Tuhan yang menentukan talenta apa yang kita miliki. Namun yang menentukan seberapa besar talenta itu bisa berkembang adalah diri kita sendiri, talenta tidak bisa berkembang jika kita hanya menyimpannya, ia membutuhkan proses untuk berkembang alias praktek (dipergunakan). Bukan dengan tanpa alasan Tuhan memberikan talenta dalam kehidupan kita, Tuhan ingin kita mempergunakannya untuk melayani orang lain (berkat). Permasalahannya banyak dari kita yang masih ebinggung talenta apa yang Tuhan berikan kepada kita ? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan talenta kita, namun point penting disini adalah ketika kita sudah menemukan talenta kita dan mempergunakannya untuk melayani Tuhan, roh kita akan semakin diisi penuh oleh Tuhan, akan terus ada pembaharuan hikmat dalam kehidupanmu. Maka dari itu kita harus mengambil tindakan untuk melayani Tuhan dengan segenap talenta yang Tuhan sudah berikan kepada kita.

1 Pet 4:10

”Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.”

 

Berkumpul dalam komunitas yang bisa mendukung roh kita

Pergaulan yang baik pasti akan membawa dampak yang baik untuk diri kita, bergabunglah dalm komunitas-komunitas yang bisa mendukung pertumbuhan kehidupan rohani kalian. Bukan berarti saya meminta anda untuk menjauhi teman-teman anda yang mudah bersungut-sungut, tentu kalian bisa untuk mendukung mereka kearah yang lebih baik, namun tidak bisa kita pungkiri ketika kita mengalami roh yang padam kita harus membangkitkannya kembali dengan berada dikomunitas yang tepat, yaitu komunitas yang mencintai Tuhan karena percaya tidak percaya setiap energi bisa menular.

Amsal 13:20

“Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang”

                Mari kita mulai menyelidiki apakah kita sedang mengalami roh yang muli padam, jika iya kita harus bersemangat untuk membangkitkan roh kita dan terus masuk ke dalam hadirat Tuhan. Tuhan Yesus memberkati



Jawaban.com/FARADISA/bgs

Halaman :
1

Ikuti Kami