Investasi Dini
Sumber: Google

Investment / 26 November 2014

Kalangan Sendiri

Investasi Dini

Tiurma Ida Purba Official Writer
2807
Umur masih muda dan penghasilan masih sedikit. Apakah sudah bisa berinvestasi ? Banyak keraguan yang dimiliki para anak muda untuk melakukan investasi sejak dini. Tak mudah memang menabung di usia muda. Keinginan anak muda masih lebih tinggi dibandingkan kebutuhan masa depan.  Apalagi penghasilan kita masih kecil atau pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Ada beberapa kiat untuk berinvestasi di masa muda :

1. Pengendalian Diri 
Keinginan anak muda yang masih ingin hang-out, beli baju ber-merek dan gonta-ganti gadget adalah hal yang wajar. Namun, jangan menyusahkan diri anda di masa depan dengan tidak menabung. Sebaiknya mengendalikan diri untuk membeli  sesuai dengan kebutuhan saja. 

2. Jaga Kesehatan 
Masih muda sudah sakit-sakitan? Mau pakai asuransi, tapi pendapatan kecil atau pas-pasan. Cara yang paling mudah adalah jaga kesehatan anda dengan makanan-makanan yang bergizi dan tetap berolahraga. Jangan malas berolahraga, karena manfaatnya sangat banyak. Hal yang paling mudah dilakukan adalah lari pagi. 

3. Jaga Pendapatan 
Anda bisa berhemat. Sebaiknya mendahulukan keperluan utama saja. Cara yang paling mudah adalah dengan menyisihkan sebagian pendapatan anda  untuk berinvestasi. Tetapi kenali dulu karakteristik investasi anda. Jangan terburu-buru apabila belum yakin. 

4. Telusuri kemana uang anda pergi
Sebaiknya anda selalu membawa catatan dan mencatat pegeluaran anda setiap hari. Karena dengan demikian anda dapat mengevaluasi keuangan anda. Pangkaslah keperluan-keperluan yang  tidak perlu. Cobalah buat budget sebulan pengeluaran anda. Jangan pernah mencoba untuk melebihi budget yang telah anda buat. Ini akan membuat anda menjadi orang yang disiplin. 

5.  Tentukan tujuan finansial anda
Sebaiknya anda sudah bisa menentukan kapan pensiun, dimana anda ingin menetap, kegiatan apa yang ingin anda lakukan? Bagaimana anda ingin menghabiskan dana pensiun anda? Dan berapa dana yang anda perlukan untuk membiayai anda di masa tua?

Ayo hitung penerimaan bersih anda setiap bulan ( saham, uang tunai, tabungan pensiun saat ini, nilai rumah dan mobil anda). Kemudian kurangi dengan semua tunggakan hutang anda ( tunggakan kartu kredit, hipotek dan pinjaman-pinjaman lainnya). 
Setelah anda berhitung, maka anda akan tahu berapa dana yang anda punya, yang anda butuhkan, dan investasi yang harus anda miliki agar impian anda menjadi pensiun yang berbahagia tercapai. 

Ayo mulai pikirkan apa investasi yang cocok untuk anda. Selamat berinvestasi orang muda. 

Sumber : kompas.com/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami